Beranda Pendidikan Ratusan Pelajar Berprestasi di Cilegon Raih Beasiswa dari Tenaris

Ratusan Pelajar Berprestasi di Cilegon Raih Beasiswa dari Tenaris

Tenaris SPIJ berfoto bersama pelajar peraih beasiswa Merit Awards. (Foto : Gilang)

CILEGON – Sebanyak 135 siswa berprestasi yang berasal dari sembilan sekolah di Kota Cilegon mendapatkan penghargaan Merit Awards, yakni beasiswa pendidikan dari Tenaris SPIJ (PT Seamless Pipe Indonesia Jaya), perusahaan pemasok pipa tabung untuk industri gas, minyak, dan otomotif, Rabu (30/1/2019).

Penyerahan beasiswa dengan total nilai Rp414 juta secara simbolis diterima pelajar dari 3 SMP, 3 SMA dan 3 SMK terpilih itu dipusatkan di SMK Negeri 3 Kota Cilegon.

“Ini adalah program kami yang ke lima kalinya di Cilegon, dan ke delapan se Indonesia. Hasil kerja sama kami dengan Dinas Pendidikan Cilegon berdasarkan pemeringkatan capaian pendidikan pelajar dan prestasi sekolah,” ungkap Direktur Pengadaan Barang dan Jasa Tenaris Indonesia, Tomy Yanuar dalam sambutannya.

Penghargaan di dunia pendidikan, kata Tomy, menjadi konsentrasi perusahaan mengingat pendidikan yang sejalan dengan investasi sosial selain menambah motivasi pelajar dalam meningkatkan prestasinya.

“Di tingkat global dan domestik, Merit Awards ini juga memberikan beasiswa kepada mahasiswa program sarjana melalui pendidikan Roberto Rocca. Di luar pendidikan, kami juga membangun jembatan, bridge of hopes, yang sudah terbangun 81 jembatan di Indonesia,” terangnya.

Di tempat yang sama Kepala Bidang Pembinaan dan Ketenagaan pada Dinas Pendidikan Kota Cilegon, Ismatullah menambahkan, pelajar dan sekolah yang terpilih dalam Merit Awards tersebut adalah mereka yang lolos dalam tahap seleksi penilaian berdasarkan sejumlah kriteria.

“Jadi pelajar yang terpilih ini tidak hanya berdasarkan capaian pendidikannya saja yang menjadi bahan pertimbangan, akan tetapi juga mereka yang berprestasi namun berasal dari keluarga yang kurang mampu. Dan diharapkan dengan adanya bantuan beasiswa ini bisa meringankan beban keluarganya dan mereka lebih berdaya,” katanya.

Sementara Kepala SMK Negeri 1 Cilegon, Widodo mengapresiasi atas bantuan tersebut. Namun demikian, dirinya berharap agar perusahaan juga turut memerhatikan keberlangsungan pendidikan pelajar lainnya di sekolah kejuruan dengan sembilan paket keahlian tersebut.

“Ada 18 pelajar kami yang memperoleh beasiswa, sementara kami memiliki sekitar 1.700 pelajar. Harapan kami, perusahaan juga bisa memberikan perhatian terhadap anak-anak didik kami lainnya. Karena kan kita ketahui SMK ini tidak pernah luput dari peran industri, termasuk kesempatan bagi praktik lapangan satu tahun bagi kelas pendidikan empat tahun di sekolah kami,” katanya. (dev/red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ