Beranda Peristiwa Ratusan Kendaraan yang akan Menyeberang Tertahan di Pintu Tol Keluar Merak

Ratusan Kendaraan yang akan Menyeberang Tertahan di Pintu Tol Keluar Merak

Kendaraan yang akan menyebrang ke Pelabuhan Merak terkena penyekatan untuk menghindari penyebaran Covid-19. (Ist)

 

CILEGON – Antrean ratusan kendaraan terpantau dari pintu keluar Tol Merak, Cilegon, Banten. Kendaraan yang rata-rata milik travel tujuan Sumatera tersebut tak bisa keluar dari pintu tol.

Hal tersebut karena adanya anjuran pemerintah yang melarang masyarakat untuk tidak mudik jelang Hari Raya Idul Fitri 1441 H, serta diberlakukannya PSBB Tangerang Raya.

Penyekatan tersebut oleh Kepolisian Daerah (Polda) Banten menjadi bagian dari Operasi Ketupat Kalimaya 2020 pada (24/4/2020) yang saat ini sudah memasuki hari ke-5.

Para penumpang dan sopir tampak kecewa lantaran kendaraan mereka tertahan penyekatan oleh petugas kepolisian dan dibantu dari Dinas Perhubungan setempat.

Pihak Kepolisian Polda Banten dan jajarannya yang terus memberikan imbauan kepada masyarakat agar dapat mematuhi ajuran pemerintah dan dapat bekerja sama dalam upaya percepatan pencegahan penyebaran Covid-19.

Menilai dari hasil pelaksanaan yang sudah di lakukan, masih banyak ditemukan masyarakat yang antusias untuk melangsungkan kegiatan mudik khususnya warga yang akan mudik melalui jalur pelabuhan Merak, Cilegon, Banten.

Menyikapi hal tersebut Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Banten Irjen Pol Drs. Agung Sabar Santoso, menginstruksikan kepada jajarannya untuk memperketat pemeriksaan baik di Pos Penyekatan dan Pos Check Point yang sudah tergelar di beberapa titik.

Sebelumnya, Kapolda Banten, dalam hal ini Karo Ops Polda Banten Kombes Pol Aminudin Roemtaat memimpin rapat koordinasi yang di hadiri oleh Dir Lantas Polda Banten Kombes Pol Wibowo, Dir Binmas Polda Banten Kombes Pol Riki Yanuarfi, Dir Polairud Polda Banten Kombes Pol Heri Sulistya Budi Santosa, Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi, Dansat Brimob Polda Banten AKBP Dwi Yanto Nugroho, Kapolres Cilegon AKBP Yudhis Wibisana dan PJU jajaran Polres Cilegon di aula Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Merak, Senin (28/4/2020) kemarin.

“Rapat Koordinasi ini dilaksanakan mengenai jalannya kegiatan pengamanan dan pelaksanaan penyekatan mudik,” ujar Aminudin Roemtaat.

Dilokasi yang sama Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi menambahkan rapat koordinasi ini untuk menetapkan kesepakatan terkait pelarangan kendaraan yang akan menyeberang kecuali kendaraan logistik, medis, bahan pokok dan logistik TNI-Polri.

“Kami akan terus melakukan koordinasi dengan pihak ASDP Merak untuk memberlakukan larangan terkait penyebrangan kendaraan umum dan penumpang umum yang akan menyeberang di Pelabuhan Merak” kata Edy Sumardi.

Operator PT Astra Tol Tangerang-Merak, Edo menyatakan bahwa operasional tol masih berjalan normal untuk pengendara lokal. Adapun kendaraan yang akan melintas ke Sumatera terkena penyekatan oleh pihak Kepolisian dan Dinas Perhubungan.

“Hanya ada penyekatan dari kewilayahan. Kalau yang mau menyeberang, mungkin ditahan. Kalau yang lokal normal,” kata Edo.
(You/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini