Beranda Pemerintahan Ratusan Calon Kades di Pandeglang Jalani Tes

Ratusan Calon Kades di Pandeglang Jalani Tes

Calon Kades di Pandeglang sedang mengikuti tes pertama

PANDEGLANG – Sebanyak 782 orang calon Kepala Desa (Kades) yang lulus administrasi dan dinyatakan maju ke tahap selanjutnya mulai mengikuti seleksi tes yang digelar di kecamatan masing-masing.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Pandeglang, Doni Hermawan mengatakan, sebanyak 782 calon Kades mulai mengikuti tes yang akan digelar selama 3 hari mulai dari 27 hingga 29 Juni 2021 mendatang.

Selama 3 hari ratusan calon Kades ini akan mengikuti tes tulis, wawancara dan penyampaian visi dan misi dari masing-masing calon. Namun kata Doni, masing-masing kecamatan diperbolehkan mengatur jadwal tes yang akan diberikan pada para peserta.

“Tergantung dari masing-masing jadwal (di kecamatan) karena kecamatan punya jadwalnya kaya hari ini mungkin testing saja, besok tes wawancara dan besoknya lagi penyampaian visi dan misi itu tidak masalah yang penting tiga hari itu untuk tes,” kata Doni saat dihubungi BantenNews.co.id, Minggu (27/6/2021).

Doni membeberkan, tes bagi calon Kades dilakukan selama 2 jam namun bagi kecamatan yang pesertanya banyak diperbolehkan langsung menggelar test selanjutnya untuk mempersingkat waktu.

“Tadi itu dua jam tes tulis tapi kalau masih ada waktu bisa dilanjutkan ke test wawancara karena yang khusus beberapa wilayah yang pesertanya banyak kalau satu persatu itu membutuhkan waktu,” ungkapnya.

“Seperti di Kecamatan Mandalawangi itu banyak pesertanya sekitar 50 lebih jadi kalau hitungan perorang 10 menit saja membutuhkan waktu berapa lama. Saya harapkan ini dipercepat karena waktunya mepet hanya 3 hari,” sambungnya.

Selanjutnya, nilai yang dikumpulkan oleh masing-masing peserta akan dikumpulkan oleh panitia dan hasilnya baru akan diumumkan setelah semua tes selesai dilaksanakan.

“Hasilnya kumulatif nanti nilai wawancara berapa, nilai tes tulisnya berapa terus dijumlahkan dan dibagi dua. Nanti setelah beres hasilnya diumumkan atau disampaikan ke masing-masing. Kami ingin ini terbuka supaya hasilnya juga lebih baik,” tutupnya.

(Med/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News