Beranda Sosial Ramadan, Dompet Dhuafa Meriahkan Kampung Tanjung Lame Wilayah Terdampak Tsunami Banten

Ramadan, Dompet Dhuafa Meriahkan Kampung Tanjung Lame Wilayah Terdampak Tsunami Banten

Foto istimewa

SERANG – Musibah tsunami yang terjadi di Banten pada awal tahun 2019 lalu masih meninggalkan rasa duka untuk para warga di wilayah terdampak, salah satunya di kampung Tanjung Lame, Desa Ujung Jaya, Sumur, Pandeglang.

Dengan itu Dompet Dhuafa kembali bersilahturahmi dengan warga Tanjung Lame melalui program Grebek Kampung Ramadan-nya. Tim Dompet Dhuafa mengajak para warga menghidupkan kembali gebyar Ramdhan di setiap kegiatan Grebek Kampung yang diadakan pada Sabtu (18/19/2019).

“Ini adalah bentuk silaturahmi kita, pada warga Tanjung Lame, dalam kegiatan ini ada banyak agenda, diantaranya pemeriksaan kesehatan baik. Ada juga kegiatan pengajaran mitigasi bencana kepada remaja dan pemuda di sini, kita juga adakan tarawih bersama. Selain buka bersama, kita juga menyediakan sahur bersama,” ucap Ahmad Lukman, selaku PIC Grebek Kampung Tanjung Lame.

Kegaiatan Grebek Kampung digelar dengan sangat meriah melibatkan para warga untuk saling bergotong royong melancarkan acara ini. Acara Grebek Kampung di Kampung Tanjung Lame ini bukan hanya mengadakan kegiatan buka bersama saja namun Tim Dompet Dhuafa juga mengadakan aksi layanan kesehatan gratis untuk para warga, layanan kesehatan gratis meliputi disediakannya konsul dokter, cek tensi dan obat gratis untuk para warga.

Pelatihan mitigasi bencana pun tidak luput dari Tim Grebek Kampung Dompet Dhuafa adakan, untuk memberikan pengetahuan dan pelatihan agar warga dapat menghadapi bencana gempa bumi ataupun tsunami yang kerap kali terjadi di Indonesia. Tidak hanya aksi layanan gratis dan pelatihan mitigasi bencana, kali ini para warga khususnya ibu-ibu dan bapak-bapak, serta relawan bergotong royong menyiapkan dan memasak menu berbuka.

Beberapa ibu-ibu ada yang sibuk menanak nasi, sebagian memotong sayuran buncis, sedangkan bapak-bapak asik meramu es buah. Para warga dengan hangat dan senang hati memasak menu berbuka puasa. Walau terbilang sederhana, namun nuansa kekeluargaan begitu terasa di Tanjung Lame.

Masjid As-Syifa juga mendadak menjadi lebih ramai dibanding biasanya. Semua warga berbondong-bondong ke masjid ikut serta meramaikan. Terdapat sebanyak 300 porsi menu berbuka dan sahur untuk para warga Tanjung Lame.

“Alhamdulillah, terimakasih kami sampaikan kepada Dompet Dhuafa yang telah peduli dan sudi bersilaturahmi ke kampung kami. Banyak kepedulian yang telah diberikan Dompet Dhuafa kepada warga kami, dan semoga silaturahmi ini bisa berlanjut sampai nanti,” terang Kepala Dusun Tanjung Lame, Suparman. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini