Beranda Hukum Rakor Lintas Sektoral Ops Ketupat Maung 2023, Kapolres Cilegon: Petakan Kerawanan Mudik

Rakor Lintas Sektoral Ops Ketupat Maung 2023, Kapolres Cilegon: Petakan Kerawanan Mudik

Polres Cilegon Polda Banten menggelar rapat koordinasi lintas sektoral Operasi Ketupat Maung Tahun 2023 Bersama stakeholder terkait

CILEGON – Dalam rangka kesiapan menghadapi Idul Fitri 1444 H/ Tahun 2023, Polres Cilegon Polda Banten menggelar rapat koordinasi lintas sektoral Operasi Ketupat Maung Tahun 2023 bersama stakeholder terkait.

Diketahui dalam musim Mudik 2023 Polres Cilegon mengemban wilayah 2 Administrasi Kota Cilegon dan Kabupaten Serang. Kegiatan dilaksanakan di Aula Sekda Kota Cilegon pada Rabu (12/4/2023).

Kapolres Cilegon, AKBP Eko Tjahyo Untoro mengatakan rapat ini dilaksanakan untuk memperoleh informasi dari instansi terkait dalam rangka mempersiapkan pengamanan Idul Fitri 1444 H/ Tahun 2023.

“Puncak arus mudik tahun ini diprediksi mulai dari tanggal 17 hingga 20 April 2023, sedangkan arus balik mulai dari tanggal 26 hingga 28 April 2023 dan pelaksanaan Operasi Ketupat Maung selama 14 hari mulai dari tanggal 18 April hingga 1 Mei 2023,” ujarnya.

Menurut Kapolres, keberhasilan tugas Ops Ketupat Maung 2023 bukan keberhasilan tugas satu instansi tetapi keberhasilan semua pihak.

“Oleh karena itu perlu adanya kebersamaan komunikasi, koordinasi dan kolaborasi, petakan kerawanan sepanjang jalur arteri, minimalisir ego sektoral keberhasilan pelaksanaan tugas adalah kewenangan dan tanggung jawab bersama,” terang Kapolres.

Kemudian Kabag Ops Polres Cilegon, Kompol Andi Suherman juga menjelaskan bahwa Polres Cilegon Polda Banten menggelar 8 Pospam, 6 Posyan dan 1 Posko terpadu Merak serta Pos Pantau di jalur Tol maupun arteri juga Dermaga di Pelabuhan.

“Operasi ketupat ini merupakan operasi kemanusiaan guna mengamankan salah satu kegiatan besar masyarakat, yakni arus mudik dan arus balik, fatalitas korban laka lantas serta perayaan hari raya Idul Fitri,” ucapnya.

Polres Cilegon telah menyiapkan jumlah personel yang akan dilibatkan pada Operasi Ketupat Maung 2023.

“Polres Cilegon Polda Banten telah menyiapkan jumlah kekuatan yang terlibat dalam Operasi Ketupat Maung 2023 di daerah Hukum Polres Cilegon sebanyak 685 personel yang terdiri dari 374 personel Polres Cilegon, 90 personel BKO dari Brimob, 124 Personil BKO Gabungan Mabes dan Ditsamapta Polda Banten dan 124 Gabungan Lalulintas,” terangnya.

Perlu diketahui bahwa di daerah Hukum Polres Cilegon ada 4 Pelabuhan yakni Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Ciwandan Pelindo II, merupakan Pelabuhan Utama Pada Pelaksanaan Pelayanan Mudik Tahun Ini dan 2 Pelabuhan Lagi menjadi Pelabuhan Cadangan apabila terjadi peningkatan signifikan para pemudik yang akan menyebrang ke Pulau Sumatera dari Pulau Jawa.

“Dimana Tujuan Operasi Ketupat Maung 2023 di daerah Hukum Polres Cilegon adalah terjaminnya rasa aman masyarakat dalam menjalankan ibadah puasa dan merayakan Idul Fitri 1443 H serta menurunnya angka kriminalitas, Terwujudnya arus mudik / balik yang lancar, menurunnya jumlah pelanggaran dan laka lantas serta fatalitas korban laka lantas,” ucapnya.

(Man/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News