Beranda Gaya Hidup Pulang Mudik Badan Masih Pegal-pegal? Begini Tips Meredakannya

Pulang Mudik Badan Masih Pegal-pegal? Begini Tips Meredakannya

108
0
Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

Mudik memang memerlukan perjalanan panjang. Ditambah dengan kurangnya istirahat karena harus mengunjungi sanak-saudara untuk bersilahturahmi pasti membuat tubuh kelelahan dan pegal-pegal.

Usai mudik dan harus mulai beraktivitas lagi rasanya berat sekali. Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk meredakan pegal-pegal usia perjalanan mudik yang melelahkan.

1. Massage

Massage atau pijat menjadi salah satu cara ampuh untuk meredakan pegal-pegal pasca mudik dan lebaran. Sebuah penelitian pada 2014 menemukan bahwa pijatan dapat mengurangi rasa sakit secara signifikan.

Penelitian lain tahun 2015 menunjukkan bahwa otot yang dipijat mengandung lebih banyak pembuluh darah daripada yang tidak dipijat, yang hasilnya pemulihan lebih baik. Cobalah pijatan atau massage sebagai me time.

2. Minum kopi

Usai mudik minum kopi bisa menjadi pilihan untuk meredakan pegal-pegal karena banyak penelitian yang menemukan bahwa kafein bisa mengurangi rasa sakit dan kelelahan otot. Aroma kopi pun bisa membuat tubuh terileksasi sehingga menjadi lebih tenang.

3. Minum air putih yang cukup

Air adalah cara terbaik untuk menghidrasi tubuh, di mana itu juga cara terbaik untuk membantu otot untuk memperbaiki dirinya sendiri dan mengembalikan fungsinya. Jadi, tetap cukupilah asupan air sebanyak 8 gelas atau 2 liter per hari.

4. Berendam

Selain massage, berendam di air hangat bisa meredakan pegal-pegal pada tubuh. Terutama jika kamu berendam sebelum pergi tidur, itu akan membuat tidurmu semakin lelap dan bangun lebih segar.

5. Olahraga

Eits, bukan olahraga malah bikin tambah pegal? Kata siapa? Kembali ke rutinitas olahraga seperti biasanya bisa membantu mengurangi rasa pegal-pegal. Dalam suatu penelitian tahun 2012, wanita yang bersepeda dengan intensitas rendah atau sedang selama 20 menit setelah melakukan latihan yang berat merasakan pengurangan rasa nyeri otot dan penambahan kekuatan.

Sumber : detik.com