Beranda Gaya Hidup Sebelum Menyongsong 2019, 7 Hal Ini Sebaiknya Sudah Kamu Lakukan

Sebelum Menyongsong 2019, 7 Hal Ini Sebaiknya Sudah Kamu Lakukan

Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

Penting atau tidak, pastinya setiap orang telah mengalami berbagai hal. Pahit, manis dan rasa lainnya bisa jadi telah dikecapi. Memang benar, hidup itu penuh kejutan dan misteri.

Tanpa terasa pergantian tahun tinggal sebentar lagi. Agar hari-harimu menjadi lebih baik, lakukan 7 hal ini sebelum 2018 berakhir.

1. Jangan terpaku dengan masa lalu, ikhlaskan apa yang telah terjadi

Sesekali menengok masa lalu untuk mengingat hal-hal baik itu tidak masalah. Yang jadi berbahaya adalah ketika masa lalu menjadi ‘momok’ yang menghantui. Tidak sedikit yang terperangkap di dalamnya dan susah untuk menemukan jalan keluar. Jika kamu termasuk salah satu dari mereka, maka ikhlaskan secara perlahan.

Tentu saja ini tidak akan mudah. Namun, jika didasari dengan niat dari hati, kamu pasti bisa menjalaninya. Memilih ikhlas dan tidak terpaku dengan masa lalu, itu berarti telah menyingkirkan penghalang untuk meraih masa depanmu.

2. Memaafkan kesalahan diri sendiri dan orang lain

Tidak ada manusia yang luput dari khilaf. Kekecewaan pun tidak luput untuk dirasakan setiap orang. Meski begitu, mendendam tidak pernah dibenarkan. Bukan malah tenang, hal ini justru akan menghantui setiap pilihan. Benar, memaafkan tidak akan membuat kita lupa pada orang-orang yang berbuat salah. Namun, memaafkan akan menuntun langkah kita menuju kebaikan-kebaikan yang lain.

Perlahan, maafkanlah. Terlebih sisi lain dari dirimu yang kerap menyisakan rasa bersalah. Kesalahan bukan untuk dicela, melainkan memperbaiki pribadi kita di kesempatan selanjutnya.

3. Kenali potensi diri, temukan passion yang ingin ditekuni

Bagi sebagian orang menemukan passionbukan perkara gampang. Jika kesulitan, mulailah dengan mengenali diri sendiri. Tentang hal-hal yang kamu sukai, termasuk potensi apa yang dimiliki. Jika sudah, pilih satu dan tekuni. Multitasking itu memang dibutuhkan. Namun, dalam konteks ini tujuannya berbeda. Jangan lagi terapkan mempelajari banyak hal dengan sistem pukul rata.

Fokus pada satu bidang yang benar-benar disukai. Bukan hanya menyenangkan, tapi juga menciptakan kebahagiaan tersendiri. Di sisi lain, ini akan menuntunmu pada hal-hal istimewa yang akan kamu temui suatu hari nanti.

4. Perhatikan sekitar, pilih pergaulan yang membawa energi positif

Mulai perhatikan orang-orang yang ada di sekitarmu, termasuk dampak apa yang diberikan pada dirimu. Jika kamu merasa banyak hal-hal positif yang membuatmu menjadi lebih baik, pertahankan pertemanan kalian. Namun jika yang terjadi justru bertolakbelakang, ada baiknya kamu mengurangi pergaulan dengan mereka.

Bukan berarti memutus pertemanan, tapi kurangi frekuensi berinteraksi. Sudah saatnya kamu membatasi lingkup pergaulan yang justru membawa dampak negatif. Ini bukan berarti diskriminasi pada kelompok tertentu, melainkan menentukan pilihan untuk meningkatkan kualitas kepribadianmu.

5. Berhenti melakukan berbagai hal untuk membahagiakan orang lain

Tidak sedikit orang yang melakukan berbagai hal untuk membahagiakan orang lain. Padahal tidak jarang hal tersebut malah menyakiti diri mereka sendiri. Kalau kamu setipe dengan mereka, lebih baik hentikan sekarang juga. Membahagiakan orang lain memang hal yang mulia, tapi jika kamu menderita buat apa?

6. Tak perlu meniru gaya hidup orang lain, jadilah dirimu sendiri

Banyak yang masih salah kaprah. Meniru gaya hidup orang lain dengan harapan bisa bahagia atau terlihat sempurna. Sayangnya, hasil yang didapat tidak sama. Apa yang orang lain tampilkan hanya sepersekian persen dari keseluruhan hidup mereka.

Tetaplah menjadi dirimu sendiri. Setiap orang dilahirkan dengan keistimewaan masing-masing. Tak perlu lagi meniru mereka, bersinarlah dengan kelebihan yang kamu punya.

7. Mulailah mencintai diri sendiri

Selama ini bisa jadi kamu telah bekerja dengan sangat keras. Berusaha melakukan yang terbaik sebisa mungkin. Kesibukan seringkali membuatmu lupa untuk memperhatikan diri sendiri.

Sekarang, mulailah untuk mencintai diri sendiri. Tidak perlu dengan hal-hal yang mewah, cukup yang sederhana. Perhatikan pola makan, istirahat yang cukup dan lakukan hal lain yang sekiranya membuatmu bahagia.

Itu tadi tips sederhana agar kamu siap menyambut 2019 dengan ceria. Bagi sebagian orang hal-hal yang disebutkan tadi bisa saja sulit diterapkan. Gak masalah, lakukan secara perlahan. (Red)

Sumber : IDN Times