Beranda Pemerintahan PTPN VIII dan TNI Kolaborasi Wujudkan Ketahanan Pangan 

PTPN VIII dan TNI Kolaborasi Wujudkan Ketahanan Pangan 

PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII telah melaksanakan penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan Tentara Nasional Indonesia Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (TNI Kostrad AD) pada 23 Agustus 2022 di Executive Lounge Makostrad Jalan Medan Merdeka Utara Nomor 2 Jakarta Pusat.

JAKARTA –  PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII telah melaksanakan penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan Tentara Nasional Indonesia Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (TNI Kostrad AD) pada 23 Agustus 2022 di Executive Lounge Makostrad Jalan Medan Merdeka Utara Nomor 2 Jakarta Pusat. Penandatanganan PKS ini dilaksanakan antara Panglima Kostrad Letjen TNI Maruli Simanjuntak, dan Direktur PTPN VIII Didik Prasetyo.

Sinergi dan kolaborasi ini adalah tentang Penguatan Pembinaan Teritorial dalam rangka Dukungan Kelancaran Tugas dan Fungsi PTPN VIII dalam menjalankan amanat negara untuk pengelolaan areal HGU perkebunan.
Kerjasama yang dilaksanakan terkait dengan pemanfaatan lahan PTPN VIII yang berada di Wilayah Sukabumi tepatnya di Kebun Pasirbadak Afdeling Ciemas.

Lahan seluas lebih kurang 900 hektare tersebut akan digunakan untuk daerah latihan Kostrad, serta pemanfaatan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar melalui program-program ketahan pangan yang digagas oleh Kostrad.
“Kami dari PTPN VIII menyambut baik dan berterima kasih sekali kepada Pangkostrad atas kerjasama dalam rangka mendukung program ketahanan pangan pemerintah, dimana pada saat ini pemerintah sedang mengalami defisit ketersediaan lahan pertanian seluas kurang lebih 60 ribu hektar. Diharapkan dengan kerjasama ini akan mengurangi defisit ketersediaan lahan tersebut. Kedepan kita akan terus berkolaborasi dan mendukung pemerintah untuk mempertahankan dan mencapai ketersediaan ketahanan pangan nasional,” ucap Direktur PTPN VIII Bapak Didik Prasetyo melalui siaran tertulis.

Penandatangan Perjanjian kerja sama ini merupakan tindak lanjut dari hasil pertemuan yang telah dilaksanakan terkait pemanfaatan lahan Kebun Pasirbadak PTPN VIII untuk penanaman jagung oleh Kostrad bersama Masyarakat.
PTPN VIII merupakan BUMN yang bergerak pada sektor perkebunan dengan keaktifan usaha meliputi pembudidayaan tanaman, pengolahan dan penjualan komoditi perkebunan seperti Teh, Karet dan Sawit dengan luas lahan yang besar tersebar di Wilayah Jawa Barat dan Banten. Dari luas lahan tersebut, terdapat lahan milik PTPN VIII yang dapat dikerjasamakan dengan optimal untuk mewujudkan ketahanan pangan nasional.

Pangkostad Letjen TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc menyatakan, “Melalui kerjasama ini, Kostrad diharapkan dapat merealisasikan tugas pokok TNI untuk Operasi Militer Selain Perang (OMSP) yaitu membantu tugas Pemerintah di daerah guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui program ketahanan pangan yang dicanangkan oleh pemerintah”.

Kostrad menyiapkan beberapa skema pemanfaatan lahan tersebut diataranya adalah pemanfaatan lahan PTPN VIII oleh Kostrad bersama Masyarakat menajdi lahan jagung dan tanaman pangan lainnya; dan Kostrad melalui satuan jajaran akan menjadi ujung tombak, baik sebagai penyuluh maupun pendampingan petani penggarap sehingga mampu mendukung program Pemerintah dalam ketahana pangan Nasional.

Kerjasama ini diharapkan akan menjadi langkah positif untuk mengurangi dampak dari Gangguan Usaha Perkebunan (GUP) di wilayah kerja PTPN VIII, serta dapat memberikan referensi pendekatan-pendekatan yang dapat dilakukan untuk menyelesaiakan permasalahan lahan di lapangan. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News