Beranda Peristiwa PT Nikomas Kembali Buka Pengunduran Diri Khusus

PT Nikomas Kembali Buka Pengunduran Diri Khusus

Ilustrasi PHK. (google)

KAB. SERANG – Isu pembukaan Pengunduran Diri Khusus (PDK) di PT Nikomas Gemilang, Kecamatan Kibin, Kabupaten Serang, Banten kembali santer terdengar. Kali ini kuota yang disediakan mencapai 1.800 karyawan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun BantenNews.co.id, pabrik alas kaki terbesar di Asia Tenggara itu akan membuka pendaftaran PDK kembali mulai dari 6 Februari hingga 10 Februari 2023.

Sebelumnya, perusahaan telah membuka program serupa dengan sebutan Pengunduran Diri Sukarela untuk kuota 1.600 karyawan. Namun, saat itu hanya 1.175 orang yang mendaftar kemudian dari jumlah tersebut tersaring sebanyak 898 pekerja yang lolos verifikasi mengundurkan diri.

Salah seorang karyawan yang enggan menyebutkan identitasnya mengatakan dirinya telah mendengar adanya informasi tersebut. Namun hingga saat ini belum ada surat pemberitahuan mengenai pembukaan PDK yang terbit dari pihak manajemen.

“Belum ada (suratnya-red), dibuka mulai tanggal 6 sampai tanggal 10,” katanya kepada BantenNews.co.id pada Sabtu (4/2/2023).

Dirinya mengaku sampai sekarang masih bimbang akan mendaftar dalam program PDK tersebut atau tidak. Pasalnya ia termasuk karyawan yang telah memiliki masa kerja di atas 10 tahun, terlebih situasi saat ini mendekati ramadan dan hari raya.

“Masih maju mundur,” ucapnya.

Info adanya PDK juga dibenarkan oleh karyawan lainnya sebut saja Mawar. Dirinya mengaku juga telah mendengar informasi secara lisan mengenai PDK dari pihak manajemen. Namun, berbeda dengan temannya, ia akan ikut mendaftar dalam program tersebut.

“Enggak ada (surat-nya), disampaikan secara lisan. Mau ngajuin Senin,” ujar Mawar.

Ia mengungkapkan alasannya ingin mengikuti PDK lantaran sudah mendapatkan tawaran kerja di perusahaan yang lebih dekat dengan tempatnya tinggal. Selain itu, dirinya juga ingin lebih fokus dalam usaha yang dimiliki.

“Ditawarkan kerja di PT lain kebetulan PT tersebut lebih dekat dengan tempat kediaman dan untuk fokus usaha karena mendekati lebaran,” kata Mawar.

Sementara itu, Ketua Pimpinan Serikat Pekerja Nasional (PSP SPN) Kawasan Industri Nikomas Gemilang, Suprihat menyebutkan pihaknya telah menerima kabar pembukaan PDK.

“Sudah, dari kemarin-kemarin sudah dirundingkan dengan SPN. Belum ada kalau bentuknya surat,” ujarnya kepada BantenNews.co.id pada Sabtu (4/2/2023).

Kendati demikian, Suprihat belum bisa mengetahui apakah kuota yang disediakan oleh perusahaan untuk PDK itu dapat terpenuhi atau tidak. “Belum tahu ini,” katanya.

BantenNews.co.id telah berupaya menghubungi Humas PT Nikomas Gemilang Danang Widi melalui pesan singkat dan telepon sejak Sabtu (4/2/2023) untuk mengkonfirmasi terkait kabar pembukaan PDK, namun hingga berita ini diturunkan yang bersangkutan tak meresponnya.
(Nin/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini