Beranda Peristiwa PT IRT Dukung Pemkot Cilegon Gelar Mudik Gratis 2023

PT IRT Dukung Pemkot Cilegon Gelar Mudik Gratis 2023

Pelepasan rombongan program mudik gratis. (IST)

CILEGON – Pada Lebaran 2023, Pemerintah Kota Cilegon menggelar mudik gratis bagi warga yang hendak mudik ke kampung halamannya, mulai Pulau Jawa dan Pulau Sumatera. Pemberangkatan para pemudik dilepas langsung oleh Walikota Cilegon Helldy Agustian beserta sejumlah pihak swasta yakni sejumlah industri, pada Selasa (18/4/23) di Sekretariat Pemerintah  Kota Cilegon. Mudik kali ini, ada 25 bus siap menghantarkan pemudik.

Salah satunya adalah partisipasi PT.Indo Raya Tenaga (IRT), perusahaan pembangkit listrik Jawa 9&10 di Suralaya, Kota Cilegon, yang menyediakan bus untuk warga yang mudik.

Dalam program Mudik Gratis penuh Berkah 2023 yang digagas Pemkot Cilegon bekerjasama dengan dunia industri yang ada di Cilegon mengambil Tema : “Mudik Gratis penuh Berkah 2023″.

Wali Kota Cilegon Helldy Agustian mengatakan, mudik gratis tahun ini jauh lebih tinggi dibandingkan mudik lebaran tahun lalu. Dimana, tahun lalu peserta mudik gratis hanya 450 penumpang dengan menyiapkan 11 bus gratis.

“Tahun ini berbeda dengan tahun kemarin. Tahun lalu cuma 11, tahun ini kita nambah dua kali lipat 25 bus artinya bahwa tahun ini lebih bermanfaat,” ucapnya.

Ia juga berharap, program mudik gratis ini bisa dinikmati masyarakat dan semua berjalan dengan lancar. Selain itu, ia berpesan untuk warga Kota Cilegon tetap berhati-hati.

“Terharu melihat dari teman-teman tadi semua masyarakat Kota Cilegon dan ini diantar langsung sama manager-manager industri, bangga kita lah,” tuturnya.

Sementara itu, peserta mudik asal Kelurahan Sukmajaya, Ari Anggraini (34) tujuan Solo, Jawa Tengah mengaku sangat senang dengan program mudik gratis ini. Jika tidak ada program mudik gratis, dia tidak akan mungkin bisa merayakan Lebaran di kampung bersama seluruh anggota keluarga.

“Bayangkan saja, satu tiket menuju Wonogiri Rp 600.000. Jika saya bertiga, maka ongkos yang harus dikeluarkan untuk tiket saja Rp 1.800.000. Belum makan dan lainnya, sangu untuk bapak ibu dan keluarga di kampung. Wah berat banget,” katanya.

Pemudik lainnya Sulaiman (42) mengatakan, ia telah mengikuti program mudik gratis yang diselenggarakan Pemkot Cilegon sebanyak dua kali.

“Sebelumnya saya sudah ikut mudik gratis ini, jadi udah dua kali. Saya ngerasa tahun ini fasilitasnya lebih bagus dikasih makanan, kaos, sampai uang,” ujarnya.

Kuota mudik gratis yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon langsung habis dalam kurun waktu kurang lebih empat jam setelah pendaftaran dibuka, Selasa 10 April 2023.

Untuk tahun ini, ada 16 kota tujuan yang terbagi dalam empat provinsi. Untuk Provinsi Jawa Barat yakni Garut, Cirebon, Kuningan, Bandung, Banjar, Tasikmalaya. Untuk Provinsi Jawa Tengah yakni Semarang, Solo, Wonosobo, Purwokerto, Jogjakarta dan Pekalongan. Untuk Jawa Timur yakni Malang, Ngawi, Surabaya. Untuk Sumatera yakni Palembang. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini