Beranda Peristiwa Protes Jalan Rusak Parah, Warga Cilegon Tanam Pohon Pisang

Protes Jalan Rusak Parah, Warga Cilegon Tanam Pohon Pisang

Lingkungan Cirahab, Kelurahan Banjarnegara, Kecamatan Ciwandan, Kota Cilegon - foto istimewa

CILEGON – Jalan rusak di Kota Cilegon makin membuat kesal masyarakat. Sebagai bentuk protes warga bahkan menanam pohon pisang di tengah jalan yang rusak.

Seperti warga di Lingkungan Cirahab, Kelurahan Banjarnegara, Kecamatan Ciwandan, Kota Cilegon. Warga setempat menanami pohong pisang di jalan yang rusak sebagai bentuk protes lantaran akses tersebut belum diperbaiki. Aksi warga ini juga viral di media sosial.

Aksi warga itu langsung di respons aparat setempat, jalan rusak yang sempat ditanami pohon pisang itu kini sudah diurug dengan material tanah dan batu. Sementara pohong pisang yang sempat berdiri di atas lubang jalan tersebut telah dicabut dan disingkirkan dari lokasi tersebut.

Lurah Banjarnegara, Hidayatullah mengatakan pemasangan pohon pisang di jalan yang rusak di Lingkungan Cirahab itu terjadi pada Rabu 23 November 2022 kemarin.

Dia menyatakan pihaknya sudah berupaya melaporkan kondisi jalan yang menghubungkan wilayah Samangraya dan Karang Jetak tersebut, namun sayangnya perbaikan jalan sepanjang 150 meter ini tak ada ada kejelasan.

Padahal, masyarakat di wilayah tersebut sudah sangat berharap dapat menikmati jalan yang bagus.

“Iya sempat ditanami pisang, saya pagi tadi ketika nganter anak saya lihat ada pohon pisang. Saat itu juga saya kirim material untuk pengurugan jalan tersebut,” ungkap Hidayatullah, Lurah Banjarnegara kepada wartawan.

Jalan tersebut, kata dia, telah tiga kali dilakukan pengurugan oleh pihak kelurahan, namun karena jalan itu berada di bawah tanjakkan, air hujan yang turun turut membawa material di lubang-lubang jalan.

 

Menurutnya, jalan tersebut sudah lama dibiarkan rusak dan belum dilakukan perbaikan. Kata dia, jalan penghubung milik Pemkot Cilegon ini perlu untuk dilakukan betonisasi.

“Sebenarnya sudah lama, sampai saat ini dari pihak Pemkot karena memang itu jalan kota belum ada action, tapi kita dari pihak kelurahan sudah beberapa kali penimbunan dan bahkan istilahnya dikasih semen juga, batu split ya akhirnya karena memang tadi kondisinya jadi tetap aja rusak kecuali pembetonan,” kata Hidayatullah.

Saat ini, lanjutnya, ada dua titik jalan rusak di wilayah Kelurahan Banjarnegara yang perlu diperbaiki secepatnya. Kedua titik jalan rusak itu berada di Lingkungan Sobong dan Lingkungan Cirahab.

Kedua akses jalan ini sangat penting bagi aktivitas masyarakat lantaran jalan tersebut kerap dilalui warga untukooplo melakukan aktivitas sehari-hari.

(Man/Red)