Beranda Pendidikan PPG Prajabatan Bidang Bahasa Selenggarakan Pelatihan Keterampilan Guru dan Murid

PPG Prajabatan Bidang Bahasa Selenggarakan Pelatihan Keterampilan Guru dan Murid

Peserta PPG Prajabatan Bidang Bahasa.

SERANG – Kegiatan Proyek Kepemimpinan II merupakan salah satu mata kuliah wajib pada Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG). Kegiatan tersebut dilaksanakan di MTs Insan Azkia, Kampung Prisen, Kecamatan Walantaka, Kota Serang.

Hari Muhamad Rizki, Sagita Ayu Prilidiningrum, Yesi Septi Yani, Fannisa Akmal, Ayu Nurhidayah, Diyan Riyani, Tania Shab’hatiani Osryar, Christine Natalia, Lingga Berliana, dan Nurhadi merupakan mahasiswa Prodi PPG Prajabatan Bidang Bahasa Gelombang 1 2023 Universitas Sultan Ageng Tirtayasa yang melaksanakan kegiatan tersebut.

Dengan tajuk “Pelatihan Keterampilan Bahasa bagi Siswa dan Media Pembelajaran bagi Guru” Proyek ini dilatar belakangi oleh misi MTs Insan Azkia untuk menyelenggarakan pendidikan yang mengacu pada pendidikan karakter. Kegiatan ini membekali peserta didik dengan iman takwa dan ilmu pengetahuan, serta melaksanakan pengembangan fasilitas pendidikan berbasis teknologi informasi.

Dalam hal ini tentu saja salah satu keterampilan yang wajib dimiliki peserta didik ialah keterampilan berbahasa, terlebih pada keterampilan berbicara di depan umum (public speaking).

Dalam rangka mencetak peserta didik yang cerdas dan terampil tersebut, dibutuhkan pula kualitas guru yang mampu menyediakan pembelajaran yang menyenangkan. Salah satu cara untuk mewujudkannya yaitu guru mampu menguasai pembuatan media pembelajaran berbasis teknologi, seperti Canva dan Wordwall, untuk dihadirkan dalam pembelajaran di kelas.

Hari Muhamad Rizki selaku ketua proyek ini berharap dengan terlaksananya pelatihaan proyek ini dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yang ada di MTs Insan Azkia.
“Pelatihan kami selenggarakan untuk peserta didik dan guru guna adanya kolaborasi mulai dari guru yang memberikan materi yang dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik serta peserta didik dapat berkomunikasi dengan baik sesuai keterampilan berbahasa yang sudah dipelajari saat pelatihan ini.”

Pelatihan diselenggarakan pada Sabtu, 18 Mei 2024 mulai pukul 07.30 sampai 13.00 dan diikuti oleh 24 peserta didik dan 7 guru.

Kepala MTs Insan Azkia Agus Kholili berterima kasih pada mahasiswa PPG Prajabatan untuk berbagi pengetahuannya serta hadir ke sekolah pada sambutannya.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih karena mau datang ke sekolah kami untuk berbagi ilmunya” ujarnya. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News