Beranda Olahraga Portugal Tumbang, Maroko Melenggang ke Semifinal Piala Dunia 2022

Portugal Tumbang, Maroko Melenggang ke Semifinal Piala Dunia 2022

Pertandingan Portugal Vs Maroko di Piala Dunia 2022 - foto istimewa suara.com

QATAR – Maroko membuat kejutan lagi di ajang Piala Dunia 2022 dengan menyingkirkan Portugal di babak perempat final.

Menghadapi Portugal di Al Thumama Stadium, Sabtu (10/12/2022), Maroko menang tipis dengan skor 1-0 dan berhak atas satu tiket semifinal.

Keberhasilan ini sekaligus menjadi sejarah baru di Piala Dunia, di mana untuk pertama kalinya wakil dari benua Afrika akan tampil di semifinal.

Jalannya Pertandingan

Mengambil inisiatif serangan lebih dulu, Portugal mendapat peluang pertamanya di menit ke-5. Menyambut bola dari tendangan bebas, Joao Felix menyambut dan menanduk si kulit bundar ke sudut kiri gawang.

Beruntung bagi Maroko, Yassine Bounou dengan cepat bereaksi menepis bola dan hanya berbuah tendangan sudut bagi Portugal.

Dua menit berselang Maroko langsung berbalik mengancam. Menerima umpan silang Hakim Ziyech, En-Nesyri menanduk bola dengan keras. Sayang bola melayang tipis di atas mistar.

Memasuki menit 26, Maroko yang kalah dalam penguasaan bola namun lebih efektif dalam menyerang, kembali mendapat peluang. Tapi lagi-lagi tandukan En-Nesyri tidak tepat sasaran.

Lewat skema serangan balik, Maroko akhirnya sukses memecah kebuntuan. Menyambut umpan lambut Attiat-Allah, En-Nesyri mengubah papan skor menjadi 1-0 yang bertahan hingga turun minum.

Empat menit bola bergulir di babak kedua, Maroko nyaris menggandakan keunggulan lewat skema tendangan bebas. Beruntung bagi Portugal, bola masih mampu ditepis Diogo Costa.

Portugal tetap mendominasi di paruh kedua pertandingan, namun daya gedor di lini depan belum sesuai harapan sehingga pelatih Fernando Santos melakukan perubahan.

Raphael Guerreiro ditarik keluar di menit 51 dan digantikan Joao Cancelo. Dua menit setelah itu, giliran Ruben Neves yang ditarik keluar dan sebagai gantinya Cristiano Ronaldo dimasukkan Santos.

Portugal kini bermain dengan dua striker, Ronaldo – Ramos.

Pemain Maroko Youssef En-Nesyri menjebol gawang Portugal dalam pertandingan perempat final Piala Dunia 2022 di Al Thumama Stadium, Sabtu (10/12/2022). [AFP]

Pergantian pemain yang dilakukan Santos membuat serangan Portugal makin intens. Sejumlah peluang pun didapat meski belum berhasil mengubah papan skor.

Di antaranya peluang Bruno Fernandes di menit 64 yang tidak tepat sasaran dan tendangan keras Joao Felix di menit 81 yang masih mampu ditepis Bounou.

Di sisa waktu pertandingan, Portugal berulang kali menggempur pertahanan Maroko. Dari sisi lapangan bola diarahkan ke depan gawang.

Yang dituju jelas Cristiano Ronaldo. Sayangnya, pemain paling ‘berdekorasi’ di kubu Selecao das Quinas itu gagal menyelematkan timnya dari kekalahan.

Bahkan ketika Maroko bermain dengan 10 orang setelah Cheddira menerima kartu kuning kedua di menit 90+3.

Skor 1-0 untuk kemenangan Maroko bertahan hingga laga usai.

Susunan Pemain

Maroko (4-3-3): Yassine Bounou; Achraf Hakimi, Jawad El Yamiq, Romain Saiss, Yahia Attiyat-Allah; Selim Amallah, Sofyan Amrabat, Azz-Eddine Ounahi; Hakim Ziyech, Youssef En-Nesyri, Sofiane Boufal.

Cadangan: Munir Mohamedi, Ahmed Reda Tagnaouti, Abderazak Hamdallah, Anass Zaroury, Abdelhamid Sabiri, Ilias Chair, Zakaria Aboukhlal, Abdessamad Ezzalzouli, Achraf Dari, Walid Cheddira, Bilal El Khannous, Badr Banoun, Yahya Jabrane.

Pelatih: Walid Regragui.

Portugal (4-3-3): Diogo Costa; Diogo Dalot, Ruben Dias, Pepe, Raphael Guerreiro; Otavio, Ruben Neves, Bernardo Silva; Bruno Fernandes, Goncalo Ramos, Joao Felix.

Cadangan: Rui Patricio, Jose Sa, Joao Palhinha, Cristiano Ronaldo, Andre Silva, William Carvalho, Rafael Leao, Vitinha, Joao Mario, Joao Cancelo, Ricardo Horta, Matheus Nunes, Antonio Silva.

Pelatih: Fernando Santos.

(Red/suara.com)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini