Beranda Hukum Polres Serang Ungkap Capaian Kinerja 2022, Kapolres : Sejumlah Kasus Menurun

Polres Serang Ungkap Capaian Kinerja 2022, Kapolres : Sejumlah Kasus Menurun

Konferensi Pers Akhir Tahun Polres Serang yang digelar di Mapolres Serang, Jumat (30/12/2022). (Ist)

KAB. SERANG – Polres Serang melaporkan data tren kejahatan di wilayah hukumnya selama 2022. Sejumlah kasus menunjukkan penurunan dibanding tahun sebelumnya.

Kapolres Serang AKBP Yudha Satria, memaparkan pada tahun 2022 terdapat 81 kasus yang diungkap Satresnarkoba Polres Serang, jumlah tersebut turun dibandingkan tahun 2021 yang berjumlah 114 kasus.

“Ada penurunan sebanyak 33 kasus atau 25,5 persen, yang mana kami juga menggencarkan upaya pencegahan peredaran narkotika dengan terus memberikan edukasi dan sosialisasi di masyarakat tentang bahaya narkotika,” terang Yudha dalam Konferensi Pers Akhir Tahun Polres Serang yang digelar di Mapolres Serang, Jumat (30/12/2022).

Sedangkan tahun ini Jajaran Reskrim Polres Serang menangani sebanyak 617 kasus dengan penyelesaian perkara berjumlah 281 kasus.

Angka tersebut turun dibandingkan tahun 2021, yakni laporan polisi berjumlah 777 kasus dengan penyelesaian perkara sebanyak 419 kasus.

“Tren laporan polisi antara tahun 2021 dan 2022 bertambah 10 persen. Konvensional bertambah 35,4 persen dan kekayaan negara berkurang 28,6 persen,” ujarnya.

Adapun kasus yang mengalami kenaikan pada 2022 adalah curat (pencurian dengan pemberatan) sebanyak 110 kasus, perlindungan anak di bawah umur sebanyak 13 kasus dan curanmor sebanyak 86 kasus.

“Tren kasus mengalami penurunan dibandingkan tahun 2021. Curat mengalami kenaikan 9,5 persen, dan curanmor menurun 5 persen,” jelasnya.

Sementara itu, Satlantas Polres Serang mencatat 329 kasus kecelakaan lalu lintas selama tahun 2022. Angka tersebut turun dibandingkan 2021, yakni berjumlah 334 kasus.

“Untuk korban meninggal di tahun 2022 sebanyak 111 orang, luka berat 25 orang, dan luka ringan berjumlah 469 orang,” ungkap Yudha.

Kapolres mengatakan, berbagai faktor yang menyebabkan kecelakaan lalu lintas, di antaranya human error, faktor jalan (jalan rusak, jalan sempit, dan kurang penerangan), kelayakan kendaraan yang digunakan, dan cuaca.

“Adapun upaya yang dilakukan Satlantas Polres Serang dalam menekan terjadinya kecelakaan lalu lintas, yaitu memberikan imbauan melalui medsos (media sosial) dan radio. Kemudian, memasang spanduk imbauan di titik-titik rawan laka lantas, memberikan imbauan dan sosialisasi secara tatap muka, serta berkoordinasi dengan Dinas PUPR dan Dishub Kabupaten Serang terkait kerusakan dan kelas jalan serta kelengkapan sarpras lalu lintas,” jelasnya.

Yudha juga meminta semua pihak untuk bersama-sama memelihara keamanan dan ketertiban di Kabupaten Serang khususnya di wilayah hukum Polres Serang.

“Kerja sama dan partisipasi semua pihak sangat dibutuhkan dalam memelihara keamanan dan ketertiban guna mendukung setiap program pembangunan dan stabilitas keamanan di Kabupaten Serang,” tutupnya. (Nin/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini