Beranda Hukum Polisi Tangkap Pelaku Spesialis Ganjal ATM Pakai Pinset di Serang

Polisi Tangkap Pelaku Spesialis Ganjal ATM Pakai Pinset di Serang

SERANG– Satreskrim Polresta Serang Kota meringkus Insanul Arif Barus (28), spesialis ganjal ATM di salah satu minimarket yang terletak di Karang Serang, Kelurahan Banten, Kecamatan Kasemen, Kota Serang. Pelaku bersama dua rekannya yang kini DPO kerap kali melakukan aksinya di wilayah Banten dan Jakarta.

Wakapolresta Serang Kota AKBP Hujra Soumena mengatakan peristiwa itu terjadi pada Jumat (27/1/2023). Saat beroperasi, pelaku yang berkomplot dengan kedua temannya memiliki tugas masing-masing yakni ada yang mengikut antrean di mesin ATM dan ada yang mengintip PIN saat korban mulai bertransaksi.

“Jadi dalam aksinya pelaku dibantu temannya mengikuti antrean di depan mesin ATM yang sudah diganjal dengan pinset. Kemudian pelaku lainnya mengintip korban yang sedang transaksi di mesin ATM. Nah, saat korban panik tidak bisa mengeluarkan ATM-nya, korban minta bantuan ke petugas minimarket. Di situlah kesempatan pelaku menukar ATM-nya dengan ATM cadangan,” ujarnya pada Selasa (31/1/2023).

Ketika melakukan perbuatannya, pelaku tertangkap basah oleh warga sedangkan dua orang temannya berhasil kabur menggunakan minibus Toyota. Dari hasil pemeriksaan diketahui tersangka tidak hanya melakukan aksinya di wilayah Banten melainkan juga di Jakarta.

“Jadi dalam aksi di Kasemen, uang korban belum berhasil dicuri, karena gagal,” katanya.

Dari tangan pelaku, polisi juga menyita 29 kartu ATM yang merupakan hasil perbuatan para tersangka. Akibat perbuatannya pelaku terancam pasal 363 KUHP pasal 3,4,5 juta pasal 2 ayat 1 huruf P undang-undang RI Nomor 8 Tahun 2010 tentang pencegahan dan pemberantasan tindak pidana pencucian uang atau (TPPU) ancaman pidana lima tahun penjara.

“Pelaku ini menggunakan uang curiannya untuk kehidupan sehari-hari. Untuk itu bagi yang merasa menjadi korban ganjal ATM agar bisa mendatangi Satreskrim Polresta Serang,” katanya.

(Dhe/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini