Beranda Opini Polapikir Imajinasi Anak dan Pengaruh Gadget

Polapikir Imajinasi Anak dan Pengaruh Gadget

Ilustrasi - foto istimewa dream.co.id

Oleh : Lisa, Mahasiswa Universitas Pamulang

Anak mempunyai polapikir yang unik pada dasarnya. Namun beberapa orang tidak mengetahui atau memperhatikan hal itu. Anak memiliki kreativitas yang tanpa batas. Mereka sebenarnya dapat menciftakan berbagai karya yang timbul dari kreativitas atau imajinasi mereka.

Jika kita amati dengan teliti saat anak-anak sedang bermain maka kita akan melihat bagaimana anak itu beraktivitas dengan akalnya Atau dunia hayalnya. Mereka menciftakan dunia mereka sendiri seolah-olah itu terjadi pada mereka atau sedang mereka alami. Misalnya;saat anak sedang bermain bersama boneka maka mereka seolah-olah sedang berinteraksi dan melakukan sebuah aktivitas selayaknya manusia dengan manusia.

Secara tidak sengaja anak itu menciftakan suatu hal yang unik atau cerita yang bisa kita jadikan suatu karya dibidang anak yaitu teater. Saat sedang bermain anak-anak juga menciftakan imajinasi yang luar biasa yaitu mereka menciftakan dunia fantasi mereka sendiri. Mungkin ini dipengaruhi oleh beberapa faktor lingkungan, atau dari apa yang mereka lihat atau dengar di televisi misalnya.

Yang hebatnya adalah anak-anak bisa menciftakan kreativitas dari apa yang ia temukan entah itu lingkungan masyarakat atau alam. Misalnya saat sedang bermain tentu mereka terkadang memainkan peran atau sebagi seorang ibu,kakak,atau seorang yang sudah bekerja dan dari apa yang mereka tiru mempunyai kemiripan serupa dengan yang seharusnya.

Walaupun menggunakan peran penganti. Misalnya mereka menggunakan kayu sebagai kendaraan entah itu motor atau sepeda,atau menggunakan bangku seperti didalam mobil seolah-olah mereka sedang mengendarainya. Mereka meniru atau menciftakan hal yamg belum pernah dilakukan seorang anak pada dunia nyatanya. Otak anak berkerja dengan sangat baik menciftakan imajinasi yang sangat bagus seperti halnya orang dewasa.

Dunia fantasi yang diciftakan mereka yaitu ketika mereka berada diAlam terkadang kita lihat mungkin dari beberapa. Mereka berbicara kepada hewan seolah-olah hewan itu sedang berInteraksi dengan mereka,mungkin itu mereka contoh dari sesuatu yang mereka lihat ditv atau mungkin dibuku cerita anak.

Oleh karena itu apa yang mereka lihat dapat berpengaruh besar dari karakter dan pola pikir anak. Untuk itu pula penting peran orangtua dalam membimbing anak didalam stiap kegiataannya. Harus memperhatikan setiap kegiataan yang dilakukan oleh anak jangan biarkan anak dibiarkan melihat hal-hal yang tidak semestinya membanggun karakter anak dengan baik. Contohnya acara tv yang bersifat ekstrim atau hanya dapat dinikmati orang dewasa karena itu bisa berpengaruh terhadap karakter dan cara berfikir anak.

Namun banyak sekali yang terjadi sekarang didalam dunia anak yang tidak semestinya yaitu ada beberapa karakter buruk yang tercifta dari sesuatu yang terlihat oleh anak. Bahkan hal itu membuat anak melawan terhadap orang tua dan tidak mematuhi atauran yang orang tua berikan. Mungkin ini juga ini juga terjadi karena pengaruh faktor orang tua yang terlalu mengabaikan kegiataan yang dilakukan anaknya. Sebagai salahsatu yang menjadi faktor terbesar dizaman sekarang ini contohnya diindonesia adalah Gaged yang sangat mudah dimainkan oleh anak atau dengan mudah orangtua memberikan gadget kepada anaknya tanpa berfikir bahwa gadget ternyata juga mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap pertumbuhan anak baik terhadap prilaku,pola,pikir dan karakter. Yang tentunya tidak sedikit bersifat negatif.

Jika zaman dulu anak-anak banyak meluangkan waktu bersama teman-temannya untuk bermain tapi sekang banyak anak yang justru sudah sanggat meninggalkan kebiasaan-kebiasaan dulu yang tentunya membanggun namun sekarang sudah sering ditinggalkan. Jika dulu orangtua lebih suka membacakan cerita atau dongeng sebelum tidur, namun sekarang orang tua lebih suka membiarkan anak mereka bermain gadget disetiap waktunya hinggga terkadang anak kehilanggan waktu untuk berlajar.

Dan hal ini sebenarnya sangat disayangkan karena sebenarnya anak memiliki potesi berfikir yang sangat besar yaitu dimana mereka dengan sangat mudah menciftakan dunia imajinasi tinggi yang tidak bisa dilampaui orang dewasa. Cara berfikir mereka jauh lebih mudah di dalam dunia anak jika saja orang tua mau memimbing anak untuk mengembangkan kemampuan mereka dengan baik yaitu melakukan hal-hal yang seharunya dilakukan oleh anak-anak.

Ada banyak kasus yang kita temukan didalam dunia ini tentang penyimpanggan berfikir anak dan buruknya karakter seorang anak. Dimana terdapat beberapa anak yang membuli sesamanya mungkin itu tercifta dari apa yang mereka lihat dari orang lain,kekerasan lain dan semacamnya. Maka penting juga peran kita sebagai dewasa untuk menjaga prilaku didepan anak. Karena anak-anak sangat mudah meniru dan mencontohkan apa yang mereka lihat.

Banyak sekarang anak-anak yang menoton acara sinetron orang dewasa yang memperlihatkan karakter jahat namun terlihat keren padalah sebenarnya itu sangat berdampak negative bagi anak. Sudah sangat sedikit acara telivisi yang membawakan acara khusus anak-anak yang seharusnya ditonton anak-anak. Semangkin berkembangkannya dinia gedjet jika orang tua mau memperhatikan dan rajin menuntun anak dalam bermain gadget. Orangtua bisa memanfaatkan gadget untuk membuka atau melihat program yang khusus anak-anak apalagi sudah banyak orang yang berkarya dimedia masaa tentang pembentukan karakter anak melalui karya sastra anak.

(***)
 

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini