Beranda Peristiwa PMA Banten, Wadah Pemuda Bangkit di Masa Pandemi

PMA Banten, Wadah Pemuda Bangkit di Masa Pandemi

Master Of Planner PMA yang juga anggota DPRD Banten Fitron Nur Ikhsan (tengah) saat memberukan materi. (Iyus/BantenNews.co.id)

SERANG – Perencana Muda Airlangga (PMA) Banten resmi diperkenalkan kepada publik. Kelompok ini akan menjadi salah satu kekuatan pemuda untuk bangkit di masa pandemi Covid-19.

Melalui acara Meet The Planner di Aula PMI Provinsi Banten, Kalodran, Kota Serang, Kamis (23/9/2021), 50 pemuda di Banten mengikuti perkenalan PMA Banten. Pertemuan ini mengusung tema ‘Wawasan Kebangsaan Merencanakan Indonesia’.

PMA merupakan wadah para pemuda untuk berkreasi, berinovasi, dan merencanakan masa depan. PMA berada di bawah binaan tokoh nasional Airlangga Hartarto.

Master Of Planner PMA Banten Fitron Nur Ikhsan mengatakan, program ini akan dilakukan di seluruh Indonesia. Saat ini, baru dilakukan di Provinsi Banten dan Jawa Barat.

Ia mengatakan, PMA merupakan wadah pembinaan para pemuda. Melalui program ini, akan dilakukan pembinaan kepada para pemuda sehingga dapat merencanakan Indonesia dan masa depannya.

Secara teknis, kata dia, PMA mencari 155 pemuda di Banten pada 2022. Yakni, satu pemuda di masing-masing kecamatan. Kemudian, mereka akan dididik selama enam bulan. “Mereka akan diberikan edukasi kemampuan publik speaking, digital marketing, leadership, hingga kebijakan publik,” katanya.

Kemudian, para peserta akan mengikuti challange dengan mencari masalah di wilayahnya masing-masing. Lalu, diminta untuk menentukan solusinya.

“Jadi, kami ingin membentuk karakter pemuda yang peka terhadap masalah di wilayahnya, kemudian juga dapat mencarikan solusi atas permasalahan tersebut,” ujarnya.

Dari para peserta itu, akan ditentukan peserta favorit. PMA juga akan memberikan reward kepada para peserta favorit. Untuk tingkat kabupaten/kota diberikan reward Rp20 juta sementara tingkat provinsi Rp50 juta.

Dikatakan Fitron, 50 pemuda yang hadir diharapkan dapat menjadi sumber informasi di wilayahnya masing-masing. Sehingga, informasi itu dapat tersebarluaskan kepada kaum muda lainnya.

(Mir/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini