Beranda Bisnis PLN UID Banten Ikuti Pelatihan dan Workshop Jumantrik di TMII

PLN UID Banten Ikuti Pelatihan dan Workshop Jumantrik di TMII

Pelatihan juru pemantau listrik. (Foto : ist)

TANGERANG – PLN Unit Induk Distribusi (UID) Banten mengikuti pelatihan dan workshop Juru Pemantau Listrik (Junantrii) yang bertempat di museum listrik dan energi baru (MLEB), Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Senin (14/10/2019).

Pelatihan tersebut diikuti masing-masing 2 peserta Jumantrik dan 1 peserta perwakilan RW setempat, dari 26 Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan PLN UID Jakarta Raya, PLN UID Banten dan PLN UID Jawa Barat. Pelatihan ini juga dihadiri oleh Pemda DKI Jakarta dan Pemda Banten.

“Dengan visi PLN untuk mewujudkan listrik untuk kehidupan yang lebih baik, kami menyadari keberadaan PLN tidak dapat berdiri sendiri tetapi atas dukungan dan sinergi dengan stakeholder yaitu pemerintah dan masyarakat,” ujar Vice President Transmisi dan Distribusi RJBB, Agus Sutopo.

“Untuk mewujudkan lingkungan yang ideal secara kelistrikan maka dilakukan Inspeksi atau pemeriksaan instalasi pelanggan, perbaikan grounding atau pentanahan, pembentukan komunitas peduli kelistrikan, pembentukan juru pemantau listrik (Jumantrik) dan pelaksanaan workshop terpusat Jumantrik dan komunitas,” tambahnya.

Agus melanjutkan, tujuan dilaksanakan kegiatan tersebut akan bermanfaat bagi PLN dan masyarakat antara lain sebagai edukasi masyarakat akan kelistrikan dan bahaya kebakaran, perbaikan kualitas kelistrikan masyarakat dengan instalasi yang standar, perbaikan susut jaringan distribusi, tunggakan dan ketertiban penggunaan listrik dan juga meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap jaringan tenaga listrik.

Sementara, Executive Vice President (EVP) Operasi Regional Jawa Barat Bima Putra Jaya menyampaikan, materi yang disampaikan saat pelatihan, adalah Sosialisasi Kelistrikan dari PLN, Sosialisasi Keselamatan Ketenagalistrikan dari Pemda, Tour Edukasi MLEB dan workshop APP dan Instalasi kelistrikan.

“Kegiatan Workshop Jumantrik ini merupakan kelanjutan dari kegiatan pembentukan Komunitas Peduli Kelistrikan bulan Agustus 2019 lalu di masing-masing PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) dalam rangka Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74. Dimana kegiatan ini telah melaksanakan pemeriksaan instalasi listrik untuk lebih dari 3000 pelanggan (masing-masing 100 pelanggan per UP3) dari 26 Unit Pelaksana di Wilayah PLN Regional Jawa Bagian Barat (UID Jakarta Raya, UID Banten dan UID Jawa Barat),” beber Bima.

Dengan pelaksanaan workshop ini, Jumantrik dan Komunitas Peduli Kelistrikan dapat berperan positif bukan hanya bagi PLN tapi juga untuk masyarakat dan Pemda, dimana simbiosis mutualisme layanan PLN dapat terwujudnya lingkungan yang aman dan nyaman dalam menikmati manfaat listrik. (Ihy/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini