Beranda Peristiwa PLN : Listrik Pasca Tsunami Banten Hampir Pulih

PLN : Listrik Pasca Tsunami Banten Hampir Pulih

Ilustrasi - foto istimewa Suara Merdeka

SERANG – PLN menyatakan pemulihan kondisi kelistrikan di Pandeglang dan Banten pasca-tsunami pada Sabtu (22/12/2018) malam telah mencapai 88%.

Melalui siaran persnya, hingga Selasa (25/12/2018) pukul 11.00 WIB, PLN telah berhasil menyalakan 236 gardu dari 248 gardu distribusi yang padam. Sementara 12 gardu lainnya dinyalakan dengan genset PLN.

Selain itu, upaya perbaikan 50 tiang transmisi juga terus dilakukan dengan mengerahkan 199 personel gabungan yang diddatangkan dari Jakarta dan Jawa Barat. Saat ini, tambahan 43 genset sudah tiba di posko Tarogong untuk segera didistribusikan ke daerah-daerah yang sulit diakses.

Untuk mempercepat proses mendirikan tiang PLN juga telah mendatangkan sembilan mobil crane dari Unit Induk jakarta raya dan Banten. PLN juga mengerahkan 31 pasukan mobil untuk mobilisasi teknis maupun non teknis.

Sementara di Lampung, sebanyak 20 dari 22 gardu padam sudah berhasil dinyalakan. Targetnya 2 buah gardu sisanya akan diselesaikan pada hari ini. Paralel PLN juga tengah memperbaiki 12 tiang baik yang roboh maupun patah akibat terjangan tsunami.

Adapun proses pemulihan kelistrikan masih terhambat oleh akses jalan yang masih dalam proses pembersihan pihak Pekerjaan Umum (PU).

Sementara itu, PLN melalui Tim Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN menyalurkan bantuan ke daerah terdampak cukup parah, yakni daerah Sumur Pandeglang, Banten.

Saat ini, tim relawan YBM PLN yang terdiri dari 11 armada masing-masing berasal dari YBM PLN Pusat, UID Jabar, UID Banten, UID Disjaya, dan Indonesia Power berpencar ke tujuh lokasi, yaitu Taman Jaya, Kp. Paniis, Tanjung Lame, Kp.Ciputih, Pulau Badul, Kp.Pasir Malang dan Kp. Katapang. Bantuan yang disalurkan berupa makanan, minuman, pakaian, dan layanan kesehatan.

Selain itu, YBM PLN juga berupaya untuk menembus Pulau Sebesi. Untuk hari ini PLN mengirimkan 6 petugas untuk menyerahan sembako dan genset kecil 5 KVA sebanyak 2 unit.

Untuk memberikan bantuan warga terdampak, PLN juga akan mendirikan tenda dapur umum di Posko Labuan dan di Kecamatan Sumur. (Red)

Sumber : bisnis.com

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini