Beranda Peristiwa Pj Gubernur Banten Pastikan Penyaluran Daging Kurban Tepat Sasaran

Pj Gubernur Banten Pastikan Penyaluran Daging Kurban Tepat Sasaran

PJ Gubernur Banten Al Muktabar hendak memotong hewan kurban. (IST)

SERANG – Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar memastikan penyaluran daging kurban kepada masyarakat tepat sasaran. Dimana peruntukan hewan kurban lebih terfokus pada keluarga dengan anak stunting atau gizi kronis.

Diketahui, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten, kembali memotong 15 ekor hewan kurban di UPTD Pengujian Pakan dan Pembibitan Ternak (P3T) Kawasan Sistem Pertanian Terpadu (Sitandu) Dinas Pertanian Provinsi Banten Jl. Syech Nawawi Al Bantani, Banjarsari, Kota Serang, Senin (11/7/2022) dini hari.

Hewan kurban yang disembelih, sebelumnya sudah diperiksa oleh Petugas Dinas Pertanian Provinsi Banten. Pemeriksaan antemortem untuk memeriksa kesehatan hewan kurban sebelum dipotong. Pemeriksaan postmortem untuk kelayakan konsumsi daging kurban.

Pemotongan belasan hewan kurban itu langsung dilakukan oleh Pj Gubernur Banten Al Muktabar. Sedangkan penyaluran daging akan disertai dana pendamping dilakukan oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Banten kepada para mustahik untuk membeli bumbu.

Penyaluran daging hewan kurban untuk keluarga dengan anak stunting dan gizi buruk di wilayah Kabupaten Serang, Kabupaten Lebak, serta Kabupaten Pandeglang. Penyaluran dilaksanakan oleh Baznas Provinsi Banten bekerjasama dengan relawan PKH (Program Keluarga Harapan) yang dikoordinir Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Banten.

Pemotongan hewan turut disaksikan  para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Banten, pengurus Baznas Provinsi Banten dan DKM Masjid Al Bantani.

Dalam kesempatan itu Al Muktabar yang memiliki Sertifikat Juru Sembelih Halal (Juleha) mengatakan, hewan kurban dipotong dini hari dengan tujuan agar dagingnya masih segar saat didistribusikan pagi harinya.

“Datanya sudah by name by address,” kata Muktabar.

Dirinya juga memberikan tips pemotongan hewan kurban, salah satunya tips untuk memeriksa golok sembelih yang tajam. Di antaranya bisa untuk mencukur rambut atau bulu tubuh, memotong plastik, hingga memotong kertas.

Sementara, Wakil Ketua IV Baznas Provinsi Banten, Mulyadi mengatakan penyalurannya Baznas bekerja sama dengan para relawan PKH yang dikoordinir Dinsos Provinsi Banten. “Yang menyalurkan door to door para relawan PKH,” kata Mulyadi

“Bersamaan dengan daging juga disalurkan dana pendampingan dari Baznas kepada mustahik untuk membeli bumbu,” tambah Mulyadi.

(Mir/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini