Beranda Olahraga Piala Dunia 2018, Spanyol vs Rusia, Siapa Bakal Terus Melaju?

Piala Dunia 2018, Spanyol vs Rusia, Siapa Bakal Terus Melaju?

154
0
Foto istimewa JawaPos.com

RUSIA – Spanyol bakal menghadapi Rusia dia 16 besar Piala Dunia 2018 Minggu (1/6/2018) malam ini. Tak pernah ada negara jadi juara dunia kebobolan segini banyaknya, kecuali Jerman.

Di masa lalu cuma Jerman pada Piala Dunia 1954 yang berhasil menjadi juara dunia meski kebobolan banyak gol. Itu pun cuma 8 gol sejak penyisihan grup sampai final. Spanyol di penyisihan grup saja sudah kebobolan lima gol.

Spanyol main imbang 3-3 lawan tetangganya di semenanjung Iberia, Portugal. Setelah itu berhasil menang tipis 1-0 atas Iran, sebelum ditahan Maroko 2-2. Lima gol sudah masuk ke gawang David De Gea sepanjang babak penyisihan grup.

loading...

Jerman adalah satu-satunya juara dunia yang kebobolan banyak gol dan tetap menjadi juara pada tahun 1954. Waktu itu mereka masih bernama Jerman Barat berhasil mengalahkan Turki 4-1, kemudian Hungaria 8-3 sebelum menang play-off 7-2 melawan Turki lagi. Jerman bertemu dengan Hungaria lagi di final, dengan Ferenc Puskas memimpin negaranya, dan dia membuka skor sebelum Jerman bangkit dari ketertinggalan 0-2 untuk menang 3-2.

Total kebobolan 8 gol sampai ke final. La Roja masih punya empat laga lagi sebelum berhasil mengangkat trofi, dan sudah kebobolan lima gol!

Skuad Spanyol tahun 2018 harus bisa menirukan pasukan La Furia Roja tahun 2010. Negara yang telah berhasil memenangkan Piala Dunia dengan kebobolan gol paling sedikit adalah Spanyol (2010), Italia (2006) dan Prancis (1998).

Pada saat itu, Spanyol sama sekalil tak kebobolan dalam tiga pertandingan babak penyisihan grup, seperti yang berhasil mereka lakukan di Euro 2008 dan 2012. La Roja mempertahankan catatan pertahanan mereka yang kuat dan pasukan lain seperti Portugal, Paraguay, Jerman, dan Belanda gagal menembus lini belakang mereka.

Dari semua peserta penyisihan grup Piala Dunia 2018, Uruguay adalah satu-satunya yang belum kebobolan, sama seperti tim nasional mereka pada tahun 1930 dan 1950.

Sepanjang sejarah World Cup, hanya ada tiga tim yang menyelesaikan babak penyisihan grup tanpa kebobolan dan akhirnya memenangkan turnamen. Uruguay melakukannya pada tahun 1930 dan 1950, Brasil tahun 1958 dan Inggris tahun 1966. Tahun ini, satu-satunya yang tidak kebobolan pada penyisihan grup adalah Uruguay.

Namun La Celeste akan sangat berhati-hati karena mereka kebobolan lebih banyak gol daripada juara lainnya di babak knock-out. Lima gol mengalahkan kiper mereka pada tahun 1950. Pada laga melawan Portugal semalam, sundulan Pepe menyebabkan gawang Uruguay bobol pertama kalinya di turnamen Rusia ini.

Swiss, kasus unik lain. Mereka berhasil tidak kebobolan tetapi tersingkir. Dalam tampilan yang membosankan dan mengecewakan, upaya Swiss pada Piala Dunia 2006 berakhir dengan kegagalan meski tidak kebobolan satu gol pun. Setelah lolos dari grup yang mencakup Prancis, Togo, dan Korea Selatan, Swiss kemudian kalah adu penalti setelah 120 menit tanpa gol melawan Ukraina.

Sumber : gilabola.com

loading...