Beranda Kesehatan Petugas Positif Covid-19, Puskesmas Saketi Tutup Sementara

Petugas Positif Covid-19, Puskesmas Saketi Tutup Sementara

Spanduk pemberitahuan penutupan sementara Puskemas Saketi terpasang di pintu masuk puskemas - (Memed/BantenNews.co.id)

PANDEGLANG – Puskesmas Saketi ditutup sementara, hal itu menyusul adanya temuan salah satu petugas puskesmas yang dinyatakan positif Covid-19. Itu diketahui melalui hasil uji swab yang dilakukan tim gugus tugas.

Kepala Puskesmas Saketi, Oman Firmansyah membenarkan bahwa pihaknya menutup sementara kegiatan di puskemas. Langkah tersebut diambil untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 setelah salah satu pegawainya dinyatakan positif Covid-19.

“Iya betul (ditutup) dari 28 September. Ada salah satu tenaga kesehatan yang mungkin hasil pemeriksaan Swab yang hasilnya positif tapi kondisinya Orang Tanpa Gejala (OTG) gitu,” kata Oman saat dihubungi wartawan, Selasa (29/9/2020).

Kata Oman, penutupan itu dilakukan hingga tanggal 1 Oktober 2020 dan sudah mendapatkan persetujuan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang.

Untuk mencegah agar tidak semakin meluas, pihaknya saat ini sedang melakukan sterilisasi di gedung puskesmas dan penyemprotan disinfektan di kediaman pegawai tadi.

“Sehubungan untuk memutus penyebaran Covid-19 kami lakukan sterilisasi dan ozonisasi, ozonisasi itu ada alat yang bisa menyeterilkan waktunya cukup banyak karena ruangan cukup banyak dan harus dilakukan pembersihan,” ungkapnya.

Ia menambahkan, selain melakukan sterilisasi di gedung puskesmas dan kediaman OTG, tim gugus tugas juga akan melakukan penelusuran perjalanan OTG ini.

“Tindakan selanjutnya kami melakukan tracking terhadap yang dinyatakan positif dan sesuai dengan protokol kesehatan melakukan penyemprotan dikediaman yang bersangkutan juga pelaksanaan sterilisasi di gedung puskesmas,” jelasnya.

Namun ia memastikan bahwa semua pegawai yang ada di Puskesmas Saketi sudah dilakukan uji Swab sekitar 1 minggu lalu dan hasilnya baru diterima pada Senin (28/9/2020) kemarin.

“Sembilan puluh karyawan sudah lakukan Swab dan tadi hasilnya ada salah satu yang dinyatakan positif, keluarganya juga sudah kami lakukan Swab. Yang positif melakukan isolasi mandiri satu keluarga, hari ini juga melakukan tracking,” tutupnya.

(Med/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ