Beranda Kesehatan Pemprov Pastikan Kota Serang Masih Zona Oranye

Pemprov Pastikan Kota Serang Masih Zona Oranye

Ilustrasi - foto istimewa Portal Jember

SERANG – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Banten menyatakan belum ada penentuan Kota Serang sebagai zona merah penyebaran virus asal Wuhan, Tiongkok tersebut.

Diketahui, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengeluarkan rilis terkait situasi terkini penyebaran Covid-19 di Indonesia. Pada rilis tersebut Kota Serang menjadi salah satu derah yang ditandai merah. Sementara itu, Kota Serang hingga kini masih menjadi zona oranye (jingga).

Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Banten, Ati Pramudji Hastuti mengatakan, Kemenkes tidak pernah menentukan sebuah daerah sebagai zona apapun. Ia menjelaskan, Kemenkes hanya menentukan ada atau tidaknya transmisi lokal.

“Adapun warna merah dalam data pusat sebagai tanda bahwa ada penambahan daerah baru  di suatu provinsi yang mulai ada transmisi lokal, yang awalnya belum ada,” kata Ati, Selasa (2/6/2020).

Lebih lanjut, Ati menuturkan, untuk  kriteria zona diserahkan kepada daerah dengan mengacu pada epidemiologi penyakit yaitu, sebaran kasus, transmisi lokal dan tren kasus.

“Kebanyakan daerah menggunakan standar zona hijau, kuning, oranye dan merah seperti yang digunakan negara lain. Dimana zona hijau artinya tidak ditemukan kasus, zona kuning diartikan terdapat kasus positif dan tren, zona oranye diartikan terdapat kasus positif dan tren kasus meningjat dan ada transmisi lokal. Sedangkan zona maerah diartikan sebaran kasus meluas, trend kasus semakin meningkat dan transmisi lokal semakin meluas,” tuturnya.

Menurut Ati, penggolongan Zona warna  bertujuan untuk memudahkan tindakan dan kebijakan apa yg harus dilakukan dalam penanganan Covid-19. Dimana kebijakan dan tindakan dalam penanganan Covid-19 disesuaikan dengan zona warnanya. (Tra/MIR/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini