Beranda Pariwisata Pesona Curug Kumpay di Lebak Cocok Buat Berlibur Akhir Pekan

Pesona Curug Kumpay di Lebak Cocok Buat Berlibur Akhir Pekan

309
0
Curug Kumpay di Kabupaten Lebak. (Ali/bantennews)

LEBAK – Kabupaten Lebak merupakan wilayah selatan Provinsi Banten yang terkenal dengan segudang kekayaan alamnya. Daerah terluas di Provinsi Banten tersebut memiliki gugusan keindahan pantai selatan, daerah pegunungan, dan kearifan lokal serta tradisi yang masih terjaga erat sampai saat ini.

Kabupaten Lebak juga memiliki segudang potensi lainya yakni wisata goa, situs sejarah dan wisata religi serta ratusan air terjun yang menarik untuk dikunjungi.

Kekayaan alam tersebut menyebabkan Kabupaten Lebak yang letaknya berdekatan dengan Provinsi Jawa Barat, dan Ibu kota DKI Jakarta menjadikan referensi terfavorit traveler untuk menenangkan diri, jauh dari hiruk pikuknya perkotaan. Apalagi, di daerah ini banyak pilihan wisata bertemakan alam yang masih sepi dari jangkauan pengunjung, namun tidak kalah bagusnya dengan tempat wisata di daerah lain.

Salah satu tempat yang wajib dikunjungi traveler adalah air terjun alias Curug Kumpay yang berada di Kampung Kumpay, Kecamatan Sajira, Kabupaten Lebak.

Dengan ketinggian curug yang mencapai 30 meter lebih, Curug Kumpay menawarkan pesona keindahan alam yang sangat menarik. Suasana sejuk, dan air yang jernih menjadi daya tambah curug ini.

Yusuf (20) salah satu pengunjung asal Rangkasbitung mengaku takjub setelah melihat secara lansung keindahan yang ditawarkan Curug setinggi ± 30 meter tersebut.

“Saya sudah lama bermimpi untuk berkunjung ke Curug Kumpay ini. Awalnya saya hanya dapat melihat postingan Curug ini di akun Instagram teman saya, tapi sekarang saya bisa berkunjung ke curug ini,” kata Yusuf kepada Bantennews.co.id ketika berkunjung ke Curug Kumpay, Sajira pada Sabtu (2/3/2019).

Yusuf mengaku baru pertama kali berkunjung ke Curug Kumpay.

“Jika potensi itu semua dikelola dengan baik, tentunya akan menjadi poin plus bagi Lebak untuk dapat bersaing dengan daerah lainnya,” imbuhnya.

Sementara itu, Sarni warga setempat mengatakan, karena keindahannya Curug Kumpay sampai saat selalu ramai dikunjungi oleh para traveler. Bahkan sempat ada beberapa rombongan yang berasal dari daerah luar seperti Jakarta, Tangerang, dan Bogor.

” Pasti, setiap minggunya selalu ramai pengunjung yang dateng ke sini ,” katanya

Sarni mengungkapkan, selain keindahannya, banyak para pengunjung yang tertarik atas mitos yang ada di Curug Kumpay tersebut. Mitos tersebut menyebutkan konon setiap ada pengunjung yang datang ke curug ini dan membuang sampah sembarangan di lokasi, esok harinya sampah-sampah tersebut hilang dengan sendirinya. Itulah yang menyebabkan tempat ini selalu bersih.

” Benar atau tidaknya bisa dibuktikan dengan datang langsung ke lokasi, tetapi buktikan kebersihannya bukan dengan membuang sampah sembarangan,” kata Sarni.

Dirinya berharap, keberadaan Curug Kumpay dapat mendongkrak perekonomian masyarakat sekitar yang notabenenya hanyalah petani. Dirinya juga meminta pemerintah setempat agar dapat memberikan perhatian terhadap potensi pariwisata yang berada di kampung ini, dengan menunjang akses jalan menuju kampung Kumpay.

“Jika akses jalan sudah bagus, saya yakin jumlah pengunjung pasti bertambah setiap harinya. Saya yakin itu akan berdampak besar bagi perekonomian masyarakat sekitar,” pungkasnya. (Ali/Red)