Beranda Pemerintahan Perusahaan di Cilegon Diminta Transparan Soal Penerimaan Tenaga Kerja

Perusahaan di Cilegon Diminta Transparan Soal Penerimaan Tenaga Kerja

451
0
Ilustrasi - foto istimewa google.com

CILEGON – Walikota Cilegon, Helldy Agustian meminta perusahaan di Kota Industri harus selalu melapor dan berkoordinasi dengan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) terkait lawan kerja dan penetapan tenaga kerja.

“Dalam proses tes juga harus transparan karena banyak informasi bahwa anak Cilegon kalah bersaing dari dengan dari luar Cilegon,” ujar Helldy saat Acara Ramah tamah antara pimpinan HRD perusahaan dengan Walikota Cilegon yang diselenggarakan oleh Disnaker bersama Forum HRD Kota Cilegon Tahun 2021, Jumat (9/4/2021).

Helldy menyatakan pembangunan Kota Cilegon tidak bisa berjalan sendiri hanya dari pemerintah saja, akan tetapi harus berkolaborasi antara pemerintah dan pihak swasta ataupun masyarakat secara luas untuk mencapai visi misi kota Cilegon yaitu Cilegon baru Cilegon modern dan Cilegon bermartabat.

“Sebagaimana diketahui bersama, bahwa pembangunan di bidang ketenagakerjaan sebagai bagian integral dari pembangunan nasional, dalam rangka pembangunan guna meningkatkan harkat dan martabat tenaga kerja mewujudkan masyarakat sejahtera, makmur merata, dan berkeadilan, serta pada saat yang bersamaan harus dapat terwujud kondisi yang kondusif bagi pengembangan dunia usaha,” kata Helldy melalui keterangan tertulis yang dikutip dari media sosial resminya.

Melihat kenyataan tersebut, kata dia, maka perlu adanya upaya bersama untuk menjaga iklim hubungan kerja yang baik dan juga berkolaborasi meningkatkan kemampuan dan keterampilan masyarakat Kota Cilegon, serta penyampaian informasi mengenai lowongan pekerjaan kepada para pencari kerja melalui Disnaker Kota Cilegon.

“Itu harus dijalankan agar benar-benar terlihat jabatan-jabatan mana yang tidak terpenuhi oleh warga Cilegon yang kemudian kita dapat meningkatkan atau memperbaiki kesenjangan tersebut. Kita Yakin masyarakat Cilegon mampu bersaing dengan masyarakat luar Cilegon dalam menduduki jabatan tertentu yang dibutuhkan oleh perusahaan,” ucapnya.

Dia juga meminta perusahaan harus selalu melapor dan berkoordinasi dengan Disnaker terkait lawan kerja dan penetapan tenaga kerja. Dalam proses tes harus transparan karena banyak informasi bahwa anak Cilegon kalah bersaing dari dengan dari luar Cilegon

“Perusahaan bersama Pemerintah Kota Cilegon dapat berkolaborasi untuk meningkatkan skill dan kompetensi anak-anak Cilegon,” katanya.

“Perusahaan diharapkan dapat bekerjasama dengan BLK Kota Cilegon dalam hal penciptaan pencari kerja yang kompeten arti kerjasama pelatihan atau penyediaan infrastruktur dari perusahaan yang berpengalaman di bidangnya,” katanya.

(Man/Red)