Beranda Hukum Persiapan Kabur Napi Gembong Narkoba Asal China di Lapas Tangerang Sejak 6...

Persiapan Kabur Napi Gembong Narkoba Asal China di Lapas Tangerang Sejak 6 Bulan

Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol Sugeng Haryanto

TANGERANG – Persiapan kabur Napi gembong narkoba asal Republik Rakyat Tiongkok (RRT) atau China, Cai Changpan alias Cai Ji Fan (53) lari dari Lapas Kelas 1 Tangerang dikabarkan selama enam bulan terakhir.

Hal tersebut diungkapkan Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol Sugeng Haryanto, Senin (21/9/2020).

Cai Ji Fan napi yang divonis hukuman mati pada 2017 lalu itu sempat mengajak teman sekamarnya. Namun teman sekamarnya enggan melarikan diri dari Lapas Kelas 1 Tangerang.

Kata Sugeng, menurut informasi yang di dapat kegiatan napi yang kabur ini sudah berjalan enam bulan. “Info dari teman (napi lainnya-red) sekamar kegiatan napi yang kabur ini sudah berjalan enam bulan,” katanya kepada awak media di Mapolres Metro Tangerang Kota.

Ia berencana mengkroscek penyelidikan kegiatan-kegiatan di dalam lapas beberapa bulan lalu. Kata dia, memang di dalam enam hingga delapan bulan lalu ada kegiatan pembangunan dapur.

“Kita coba kroscek apakah alat yang digunakan untuk kabur seperti pahat, linggis, dan obeng diperoleh dari para tukang itu,” ungkapnya.

Sugeng juga meminta pihak lapas memberikan data siapa saja yang bekerja membangun dapur di Lapas Kelas 1 Tangerang beberapa bulan lalu. “Saya akan minta data siapa saja yang belerja membangun dapur itu,” pungkasnya.

Sementara itu, Kabag humas dan Protokol Dirjen Pas Kemenkumham Rika Aprianti mengatakan, pencarian masih terus dilakukan baik oleh Lapas Kelas 1 Tangerang, Polres Metro Tangerang Kota dan polda Metro Jaya.

“Sementara tim investigasi masih melakukan pemeriksaan tethadap petugas maupun warga binaan yang terkait. Warga binaan terait yakni yang terhubung dalam kondisi tersebut seperti napi satu kamar, penghuni kanan kiri dan napi yang sering kontak langsung dengan yang bersangkutan,” katanya.

(Tra/Wan/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini