Beranda Olahraga Permainan Cristiano Ronaldo Dinilai Mulai Melambat

Permainan Cristiano Ronaldo Dinilai Mulai Melambat

Cristiano Ronaldo - foto istimewa upwakk

Mega bintang Juventus, Cristiano Ronaldo dinilai sudah tak lagi punya kecepatan dan kemampuan menggiring bola seperti dulu. Hal itu menjadi sorotan eks pelatih Fabio Capello.

Ronaldo kini sudah menginjak usia 34 tahun. Bersama Juventus, catatan golnya terlihat semakin menurun dari musim ke musim.

Sebelumnya di Real Madrid, Ronaldo selalu mampu bikin 40 gol lebih dalam semusim. Namun bersama Juventus, pemain Portugal itu bikin 40 gol dalam dua musim berjalan, yakni 28 gol musim lalu dan 12 gol sejauh ini.

Salah satu yang memengaruhi catatan itu dinilai Capello, yang pernah melatih Juventus pada 2004-2006, karena posisinya salah. Ronaldo harusnya lebih banyak dimainkan di kotak penalti, jangan melebar atau berperan sebagai penyerang sayap.

Transfermarkt mencatat, Ronaldo memang bermain di dua posisi musim ini. Pemain yang juga sempat berseragam Sporting Lisbon dan Manchester United itu bermain 14 kali sebagai penyerang tengah dan menghasilkan 9 gol, dan 7 kali sebagai sayap kiri dengan hasilnya 3 gol.

“Dia penyerang tengah terbaik di dunia. Tidak ada yang seperti dia, yang tahu bagaimana mengeksploitasi bola di kotak penalti. Dia tidak lagi punya sprint dan dribbling di masa lalu, dia harus bermain di dalam kotak penalti, seperti yang orang Inggris bilang,” ujar Capello dikutip dari detik.com.

Capello, yang juga pernah melatih AC Milan, AS Roma, Madrid, Timnas Inggris, Timnas Rusia, serta Jiangsu Suning itu meminta Ronaldo lebih banyak bermain sebagai striker tengah. Apalagi Bianconeri punya dua penyerang sayap andal, yakni Paulo Dybala dan Douglas Costa.

“Saya tidak suka ini, itu tidak baik. Dia harus menjadi juara bahkan ketika keluar lapangan. Yang benar adalah Ronaldo tak lagi menggiring bola (melewati) lawan selama tiga tahun,” lanjut Capello, yang pensiun melatih pada 2018 itu.

“Saya menjadi komentator LaLiga ketika dia biasanya berlari dan meninggalkan lawan di belakang. Dalam dirinya, dia adalah juara, yang terbaik dari semua, tetapi sekarang ada Dybala dan Douglas Costa, yang bisa mencetak gol dengan sensasional.”

“Dybala dalam kondisi sangat baik dapat membuat perbedaan, seperti halnya Douglas Costa,” ujar pria berusia 73 tahun itu.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini