Beranda Advertorial Peringati Hari Jadi Kota Tangsel ke-14, RSUD Tangsel Gelar Donor Darah dan...

Peringati Hari Jadi Kota Tangsel ke-14, RSUD Tangsel Gelar Donor Darah dan Peragaan Busana Nusantara

Acara donor darah yang digelar RSU Kota Tangsel. (IST)

TANGSEL – Dalam rangka memperingati hari jadi Kota Tangerang Selatan (Tangsel) yang ke 14, Rilumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Tangsel menggelar berbagai macam acara.

Kepala Bidang Pelayanan Medis RSU Tangsel dokter Taufik mengatakan, acara tersebut diantaranya berupa donor darah dan pemeriksaan gula darah gratis.

“Untuk hari ini kita ada kegiatan pemeriksaan gula darah geratis dan pemeriksaan tensi. Itu juga untuk internal karyawan dan keluarga karyawan,” ujar dr Taufik saat diwawancarai, Kamis (24/11/2022).

Pekan raya Hari Kesehatan Nasional dan HUT Kota Tangsel. (IST)

Selain tiu, lanjut dr Taufik, untuk memeriahkan HUT Tangsel, RSU juga menggelar merias ruangan dan peragaan busana Nusantara.

“Jadi ruangan-ruangan yang ada di RSU ini kita rias dengan dekorasi yang bernuansa HUT Tangsel. Untuk peragaan busana maksudnya yaitu setiap ruangan yang ada di RSU Tangsel ini mengirimkan perwakilan yang memakai baju adat nusantara sehingga nanti ada penilaian dan juaranya,” tutur dr Taufik.

Lalu yang terakhir, lanjut dia, adalah kegiatan senam bersama. Pihaknya akan menggalakkan mulai dari sekarang dan selanjutnya akan ada kegiatan senam bersama.

Sementata untuk puncak acara HUT Tangselnya yang jatuh pada tanggal 26 November, kata dr Taufik, pihaknya masih menunggu arahan dari Pemkot.

“Untuk acara puncak HUT Tangsel nya kita sedang menunggu arahan dari Pemkot katanya ada informasi difokuskan di Sunburst BSD tapi kami belum tau ya acaranya seperti apa nanti. Kalau yang dulu-dulu kan kita pasang boot yah dan ada acara hiburan juga dan lain-lain, tapi masih belum tau yah. Kita tunggu aja nanti,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Unit Donor (UDD) Darah PMI kota Tangsel dokter Suhara Manulang menjelaskan, dirinya menargetkan dalam donor darah tersebut sebanyak 50 kantong dalam satu hari.

“Target donor darah ini kalau mobil unit itu 50 yah. Itu kalau untuk di sini. Tapi di tempat lain kan juga ada. Kalau Tangsel itu kan sehari membutuhkan 100 kantong darah dengan berbagai golongan darahnya. Jadi kalau sebulan itu sekitar 3 ribuan lah,” terang dr Suhara.

Menurut dr Suhara, untuk stok darah di Kota Tangerang Selatan ini terbilang masih aman dalam 10 sampai 20 hari ke depan.

“Jadi kalau sekarang dapat 50 kan di tempat lain jug ada. Kalau untuk stok di Tangsel ini kita 10 sampai 20 hari aman. Kita sih terbuka aja ya bagi siapa pun yang mau mendonorkan darah ya boleh-boleh saja. Jadi tidak hanya dari karyawan saja,” pungkasnya. (Adv)