Beranda Pemerintahan Perayaan HUT RI di Tengah Pandemi, Walikota Cilegon : Menguji Daya Juang...

Perayaan HUT RI di Tengah Pandemi, Walikota Cilegon : Menguji Daya Juang Kita Sebagai Bangsa

Walikota Cilegon, Edi Ariadi saat memimpin Upacara HUT RI ke-75

CILEGON – Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon menggelar Upacara Bendera Peringatan Detik Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-75 Tahun 2020 di Alun Alun Kota Cilegon, Senin (17/8/2020).

Dalam Perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 75 tahun ini jelas berbeda dengan tahun sebelumnya dimana pada perayaan tahun ini di selenggarakan di tengah pandemi Covid-19 dan lapangan upacara tidak terisi penuh oleh peserta upacara serta kursi tamu undangan.

“Hari kemerdekaan ini kita laksanakan di tengah pandemi Covid-19 yang menguji daya juang kita sebagai bangsa, menguji pengorbanan kita, menguji kedisiplinan dan kepatuhan kita dalam mengambil langkah kebijakan yang cepat dan tepat,” ujarnya Walikota Cilegon, Edi Ariadi selaku inspektur upacara.

Dalam pidato kenegaraan yang di sampaikan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dalam sidang bersama pada tanggal 14 Agustus 2020 lalu bahwa terdapat sebanyak 225 negara sedang menghadapi masa sulit karena pandemi Covid-19, dalam catatan WHO pada 13 Agustus lalu terdapat 20 juta kasus di dunia dengan jumlah kematian di dunia sebanyak 737 ribu jiwa. Hal ini mengakibatkan seluruh negara mengalami kemunduran karena terpapar Covid-19.

Dalam kesempatan itu, Edi menyampaikan jika  kemunduran berbagai negara tersebut bisa menjadikan sebuah peluang untuk mengejar ketertinggalan.

“Kemunduran banyak negara besar ini bisa menjadikan peluang bagi kita untuk mengejar ketertinggalan  dan dalam situasi pandemi ini bisa menjadikan sebuah momentum sebagai kebangkitan baru untuk melakukan lompatan besar,” tuturnya.

Lebih lanjut, Edi mengajak untuk melakukan transformasi besar serta menjalankan startegi besar terutama dalam bidang ekonomi, hukum, pemerintahan, sosial, kebudayaan, termasuk kesehatan dan pendidikan.

“Pada usia ke-75 ini saatnya kita membenahi diri secara fundamental, melakukan tranformasi besar dan strategi besar serta membajak momentum krisis untuk melakukan lompatan lompatan besar,” ujarnya.

Lebih lanjut dalam sembutan tersebut, Edi juga menginginkan kepada para peserta upacara dan masyarakat untuk mengubah pola pikir dan etos kerja.

“Pola pikir dan etos kerja kita harus berubah fleksibilitas kecepatan dan ketepatan sangat di butuhkan serta efisiensi kolaborasi dan penggunaan teknologi harus diprioritaskan,” ungkapnya.

Edi juga berharap dalam perayaan HUT tahun ini bisa menggerakan persatuan dalam mengatasi semua tantangan. “Mari kita jadikan momentum ini untuk menggerakan persatuan kita dalam mengatasi semua tantangan, menggerakan rasa kepedulian kita untuk saling berbagi dan memperkokoh persaudaraan serta gotong royong, ” harapnya.

Dalam kesempatan itu, Edi juga menegaskan bahwa di tengah wabah Covid-19 ini, pembangunan di Kota Cilegon tetap berlanjut.

“Satu ujian satu tekad kita walaupun ada Covid-19, Indonesia harus tetap maju, Cilegon harus tetap menyonsong agar lebih cerah, proses pembangunan di Kota Cilegon harus tetap dilanjutkan,” tegasnya.

Hadir pada Upacara tersebut, Ketua DPRD Kota Cilegon, unsur Forkopimda di Wilayah Kota Cilegon, Wak Wali Kota Cilegon, Sekretaris Daerah Kota Cilegon serta pejabat Esselon II & III di Lingkungan Pemerintah Kota Cilegon.

(Man/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini