Beranda Pemerintahan Perangkat Daerah Pemkab Tangerang Diminta Berkolaborasi Wujudkan Satu Data

Perangkat Daerah Pemkab Tangerang Diminta Berkolaborasi Wujudkan Satu Data

Rapat Koordinasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Grand Ballroom The Springs Gading Serpong - foto istimewa

KAB. TANGERANG – Perangkat daerah di lingkup Pemkab Tangerang diminta berkolaborasi untuk menyediakan  data yang berkualitas, akurat dan terpercaya, menuju Satu Data Indonesia (SDI).

Hal itu disampaikan Kepala Diskominfo Kabupaten Tangerang, Nono Sudarno dalam Rapat Koordinasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Grand Ballroom The Springs Gading Serpong. Kegiatan tersebut bertajuk Percepatan Penguatan Dinas Komunikasi dan Informatika Sebagai Walidata dalam Mendukung Terwujudnya Satu Data Indonesia (SDI).

Dia mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya Pemkab Tangerang dalam membenahi tata kelola pemerintah yang lebih baik, salah satunya dengan menyediakan data yang berkualitas, akurat dan terpercaya.

“Data yang ada tentunya harus akurat, karena dibutuhkan dalam membantu perangkat daerah dalam proses perencanaan dan evaluasi pembangunan di Kabupaten Tangerang serta dibutuhkan sebagai informasi bagi publik,” katanya, Senin (5/12/2022).

Menurutnya, hal ini harus didukung oleh keaktifan perangkat daerah dalam memberikan data yang dapat dipertanggung jawabkan sehingga nantinya dapat diolah dengan baik.

Sementara itu, Diskominfo sebagai wali data nantinya bertugas menghimpun serta mengolah data menjadi satu pintu sehingga mewujudkan satu data di Kabupaten Tangerang.

“Dengan satu data ini diharapkan semua data, khususnya data terbuka ini bisa dikonsumsi dan didapatkan oleh semua lapisan masyarakat,” harap Nono.

Saat ini, Diskominfo mengelola sebanyak 107 titik jaringan layanan infrastruktur atau penyediaan infrastruktur jaringan dan pemeliharaan layanan internet guna mempermudah lalu lintas data.

“Hal ini untuk memudahkan akses dan lalu lintas data dan informasi yang ada di Kabupaten Tangerang, baik yang di konsumsi oleh masyarakat maupun berkaitan dengan kepentingan-kepentingan pemerintah,” katanya.

Nono juga menuturkan guna menunjang terciptanya kesuksesan Satu Data, Kabupaten Tangerang juga memiliki website yang benama Open Data. Website tersebut berisi data dan informasi terbuka dan dapat diakses oleh seluruh khalayak.

Tak hanya mewujudkan keterbukaan informasi publik, Pemkab Tangerang juga menjaga ketat keamanaan jaringan dengan membentuk Computer Security Insident Response Team (CSIRT). Tim tersebut nantinya bertugas untuk melindungi dan menjaga sistem keamanan jaringan dan data khususnya cyber di Kabupaten Tangerang yang bekerja sama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

(Ril/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini