Beranda Pemerintahan Data Statistik Harus Akurat untuk Proses Perencanaan OPD Kabupaten Tangerang

Data Statistik Harus Akurat untuk Proses Perencanaan OPD Kabupaten Tangerang

Rapat Rekonsiliasi Data Diskominfo Kabupaten Tangerang - foto istimewa

KAB. TANGERANG – Data statistik sektoral penting untuk membantu perangkat daerah dalam proses perencanaan dan evaluasi pembangunan di Kabupaten Tangerang.

Hal ini disampaikan Kepala Bidang Statistik Sektoral Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Tangerang, Bangbang Ismail saat membuka kegiatan Rapat Rekonsiliasi Data.

“Data statistik ini harus akurat, karena dibutuhkan dalam membantu perangkat daerah dalam proses perencanaan dan evaluasi pembangunan di Kabupaten Tangerang. Data statistik juga dibutuhkan sebagai informasi bagi publik,” tutur Bangbang dalam keterangannya, Sabtu (12/3/2022).

Menurut dia, data statistik yang akurat dan selaras harus didukung oleh keaktifan perangkat daerah dalam memberikan data yang dapat dipertanggung jawabkan sehingga dapat diolah dengan baik.

“Kami juga terus memacu seluruh perangkat daerah untuk sadar data, karena data tersebut merupakan gambaran hasil kinerja mereka,” katanya.

Diketahui, Diskominfo merupakan pusat data yang menghimpun serta mengolah data menjadi satu pintu sehingga mewujudkan satu data di Kabupaten Tangerang. Dalam hal ini Diskominfo bekerja sama dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) serta Badan Pusat Statistik (BPS).

Bangbang berharap, melalui data statistik sektoral tersebut nantinya masyarakat dapat mengetahui kondisi Kabupaten Tangerang melalui angka dan data sehingga menjadi informasi yang berguna. Nantinya data statistik sektoral tersebut juga akan dikemas melalui Buku Data Statistik Sektoral yang dikeluarkan Diskominfo melalui Bidang Statistik Sektoral.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala BPS Kabupaten Tangerang, Husin Maulana, mengatakan perangkat daerah cukup aktif berkontribusi dalam penyediaan data yang dibutuhkan.

“Sejauh ini perangkat daerah cukup aktif. Harapannya dengan adanya forum data, perangkat daerah dapat mendukung secara penuh terhadap penyediaan data yang akan menjadi bahan dalam pelaksanaan penyusunan, perencanaan, maupun evaluasi pembangunan di Kabupaten Tangerang,” kata Husin.

(Ril/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini