Beranda Pemerintahan Penyaluran PKH, 22 Ribu Lebih Warga Miskin Cilegon Belum Terentaskan

Penyaluran PKH, 22 Ribu Lebih Warga Miskin Cilegon Belum Terentaskan

Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon melalui Dinas Sosial (Dinsos) dan Bank Mandiri area Cilegon melakukan penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) Program Keluarga Harapan (PKH) tahap 4 - foto istimewa

CILEGON –  Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon melalui Dinas Sosial (Dinsos) dan Bank Mandiri area Cilegon melakukan penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) Program Keluarga Harapan (PKH) tahap 4 yang dilaksanakan di Aula Bank Mandiri area Cilegon, Rabu (16/10/2019).

Diketahui pada PKH tahap 4 ini ada sebanyak 4.908 pengurus keluarga dan 22.285 anggota keluarga yang mendapatkan santunan dengan total nominal sekitar Rp3,8 miliar lebih.

Wakil Walikota Cilegon, Ratu Ati Marliati mengatakan permasalahan kemiskinan merupakan permasalahan yang kompleks dan bersifat multidimensional. Maka itu, kemiskinan harus menjadi penyelesaian utama dari masalah-masalah yang ada karena keberhasilan pembangunan ekonomi adalah teratasinya masalah kemiskinan.

“Salah satu upaya penanggulangan kemiskinan di Indonesia, pemerintah pusat telah melaksanakan program bantuan sosial Keluarga Harapan, program ini salah satu upaya dalam menanggulangi kemiskinan sekaligus pengembangan kebijakan di bidang perlindungan sosial sejak tahun 2007, dan cukup berhasil dibeberapa negara yang dikenal dengan bantuan tunai bersyarat,” kata Ati.

Ati mengungkapkan bahwa PKH merupakan strategi penanggulangan kemiskinan yang ditujukan kepada keluarga yang membutuhkan dan tepat sasaran.

“PKH ini ditujukan terutama untuk ibu hamil dan anak serta mencakup penyandang disabilitas dan lanjut usia dengan upaya peningkatan sumber daya manusia seperti pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan sosial. Dan penyaluran ini dimulai pada hari ini hingga akhir bulan Oktober tahun 2019 dengan target progress penyaluran tahap 4 tahun 2019 sebesar 100% dapat semuanya tersalurkan,” tuturnya.

Ati menuturkan PKH di Kota Cilegon sampai dengan tahap 4 tahun 2019 ada sebanyak 4.908 pengurus keluarga dan 22.285 anggota keluarga yang tersebar di semua kecamatan.

“Bantuan sosial yang diserahkan dari Kementerian Sosial RI kepada Kota Cilegon tahap 4 tahun 2019 sebesar Rp3.883.125.000. Hal ini merupakan hasil dari kerja keras pemerintah daerah yang bekerja sama dengan Kementerian Sosial RI serta Bank Mandiri area Cilegon sebagai penyalur bantuan sosial dalam rangka pengentasan kemiskinan di Kota Cilegon,” ujarnya.

Kepada para penerima PKH, Ati berharap untuk selalu mendukung semua program Pemkot Cilegon yang berkaitan dengan pengentasan kemiskinan di Kota Cilegon.

“Saya mohon dukungannya para bapak dan ibu untuk selalu mendukung semua program Pemkot Cilegon termasuk program PKH ini, agar tetap bersama-sama dalam membantu warga miskin, dan bagi penerima bantuan sosial PKH bisa menggunakan bantuan uangnya secara baik dan benar, dan semoga program PKH ini mampu memutuskan rantai kemiskinan antar generasi di Kota Cilegon yang kita cintai ini,” harapnya.

(Man/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini