Beranda Gaya Hidup Penyakit Ini Sering Datang Usai Ramadan

Penyakit Ini Sering Datang Usai Ramadan

67
0
Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

Setelah puasa selesai kadang kita tidak bisa mengontrol diri untuk menahan hawa nafsu dan merasa seolah bebas dari penjara.

Sikap inilah yang memunculkan berbagai macam penyakit usai puasa selesai. Kamu patut waspada dengan penyakit-penyakit ini.

1. Diare karena pola makan berlebih

Siapa yang suka makan opor? Rendang? atau berbagai olahan Lebaran lainnya? Semua makanan tersaji saat Lebaran, baik di rumah sendiri, di rumah tetangga, dan juga di rumah saudara. Usai menahan diri sebulan penuh, kadang kita tidak bisa mengontrol nafsu makan dan malah makan berlebihan.

2. Hipertensi bisa kambuh

Penyakit kronis bisa juga kambuh akibat pola makan usai puasa yang tak lagi terjaga. Semua makanan enak yang kalori, lemak, gula, dan kadar garamnya tinggi dilahap. Padahal konsumsi dalam jumlah yang terlalu banyak justru bisa memicu kambuhnya hipertensi.

3. Diabetes akibat kebanyakan makan manis

Saat Lebaran, kita akan disuguhi minuman yang kebanyakan manis di setiap tempat yang kita kunjungi. Belum lagi kue-kue lebaran yang kandungan gulanya luar biasa tinggi. Enak sih saat dimakan, tapi setelah itu baru terasa dampak negatifnya. Jadi lebih baik hati-hati ya agar gula darah tidak naik!

4. Infeksi Saluran Pencernaan

Kok bisa? Setelah selesai puasa biasanya umat muslim akan melakukan tradisi mudik. Nah, selama melakukan perjalanan ini banyak risiko terkena paparan udara kotor serta virus dan bakteri yang bertebaran di jalanan. Belum lagi kalau kamu naik kendaraan umum, harus lebih waspada.

Kebiasaan menjaga pola makan selama puasa sebaiknya tidak ditinggalkan. Kita harus tetap mengkonsumsi makanan bergizi seimbang, berserat, dan banyak air putih. Kalau tidak begitu, gaya hidup sehat selama sebulan puasa akan sia-sia.

5. Infeksi jamur juga biasa terjadi

Masih berkaitan dengan mudik, perjalanan yang panjang biasanya mengharuskan kamu menggunakan fasilitas umum, seperti toilet yang kebersihannya belum tentu terjamin. Di sinilah biasanya infeksi jamur lebih mudah menyerang, terutama pada kulit. Bisa juga terjadi kulit kering akibat terpapar AC.

Saat puasa, biasanya kita makan dua kali sehari. Usai puasa, kita tak lagi punya batasan itu, termasuk batasan waktu seperti buka dan sahur. Sistem pencernaan kamu akan butuh banyak penyesuaian. (Red)

loading...