Beranda Opini Pentingnya Membangun Bisnis Sejak di Bangku Kuliah

Pentingnya Membangun Bisnis Sejak di Bangku Kuliah

Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

Oleh: Rani Septiani, Mahasiswi Prodi Sekretari Universitas Pamulang

 

Membangun bisnis bisa dimulai kapan saja dan oleh siapa saja termasuk sejak di bangku kuliah. Sebagian besar mahasiswa merasa kalau kuliah hanya fokus belajar dan untuk bisnis nanti kalau sudah lulus. Pemikiran seperti ini tidak sepenuhnya salah, namun jika bisa mulai saat ini juga kenapa harus menunggu nanti?





Pertimbangkan pertanyaan di bawah ini!

Jawablah pertanyaan berikut menurut pendapat pribadi sebagai gambaran pentingnya membangun bisnis di bangku kuliah.

1.     Apakah saat ini Anda hanya mengandalkan uang saku dari orang tua untuk memenuhi semua kebutuhan?

2.     Apakah Anda tidak ingin membeli segala sesuatu yang diinginkan dengan uang sendiri?

3.     Pertimbangkan jawaban-jawabannya dan renungkan sendiri apa yang sebenarnya ingin dicapai untuk masa depan setelah lulus.

4.     Kenapa Anak Kuliahan Sudah Harus Mulai Membangun Bisnis?

 

Sebenarnya cukup banyak alasan kenapa mahasiswa harus memanfaatkan waktu luangnya untuk mulai membangun bisnis.

Sebagai mahasiswa, sebaiknya ketahui dulu apa saja alasannya agar semakin bersemangat untuk mulai berbisnis sedini mungkin.

Tidak Bergantung dengan Orang Tua

Tidak bisa dipungkiri sebagian besar mahasiswa pasti bergantung dengan orang tua dari biaya kuliah sampai semua kebutuhannya. Membangun bisnis membuat Anda memiliki penghasilan meskipun di awal hanya cukup untuk uang saku. Jika bisnis terus berkembang bisa digunakan untuk membayar uang kuliah sendiri. Diri sendiri pasti akan bangga apalagi orang tua yang menjadi ringan bebannya.

Memanfaatkan waktu luang

Dari pada hanya nongkrong, lebih baik gunakan waktu Anda untuk merintis bisnis apapun itu mulai aja dulu. Jangan jadikan alasan banyaknya tugas kampus membuat Anda tidak bisa memulai berbisnis. Belajar dari sekarang manajemen waktu dengan membuat perencanaan serta target.

Mencoba berbagai peluang

Mengalami kegagalan dalam dunia bisnis adalah hal wajar dan semua pengusaha pasti pernah mengalaminya. Jika Anda mulai dari sekarang maka habiskan jatah gagal yang ada dan memiliki banyak waktu untuk belajar. Manfaatkan semua peluang yang ada dan terus pelajari penyebab kenapa gagal kemudian cari solusinya. Bayangkan kalau bisnis dimulai saat Anda sudah harus benar-benar fokus memenuhi kebutuhan hidup.

Langkah membangun bisnis bagi mahasiswa

Menjadi mahasiswa bukan alasan hanya untuk berdiam diri dan menikmati uang saku dari orang tua saja. Miliki jiwa pebisnis dari sekarang juga dengan mempelajari cara-cara membangun bisnis. Pertama, yang harus Anda lakukan adalah mengenali diri sendiri tentang hal-hal disukai hingga tujuan hidup. Hal ini memudahkan dalam menentukan jenis bisnis yang akan dilakukan dan lebih jelas tujuannya.

Cari sebanyak mungkin informasi tentang berbagai peluang bisnis khususnya yang cocok bagi mahasiswa. Kumpulkan dan pilah informasi tersebut untuk mencari mana yang memungkinkan untuk dicoba sambil kuliah.

Tentukan jenis bisnis apa yang akan dicoba kemudian perhatikan bagaimana cara memulainya. Misalnya Anda ingin berjualan hijab maka tentukan dulu mengambil dari supplier hijab atau jahit sendiri. Kira-kira harga jualnya berapa, tentukan target pasarnya dan media untuk berjualan (online atau offline).

 

Siapkan modalnya baik darimana sumbernya, berapa yang dibutuhkan hingga pengelolaan modal. Sebagai mahasiswa Anda dapat meminimalkan modal misalnya menjadi reseller dan membuka toko online sendiri. Jika memang ada modalnya dapat mengambil dari supplier dalam jumlah besar sehingga untungnya maksimal.

Mulai lakukan saat ini juga setelah perencanaan beberapa langkah di atas sudah benar-benar matang. Jangan takut mengalami kegagalan karena membeli pengalaman memang mahal dan butuh pengorbanan. Disiplin pada diri sendiri serta kesabaran mulai dari hal kecil menjadi kunci kesuksesan Anda.

Evaluasi atas apa yang sudah dilakukan agar mengetahui kesalahan dalam berbisnis. Terus melakukan perbaikan baik dari cara berbisnis, manajemen modal hingga pelayanan yang diberikan. Jangan lupa mengikuti tren bisnis atau perkembangan zaman dengan terus berinovasi.

Memulai bisnis sejak di bangku kuliah membuat Anda memiliki banyak waktu untuk gagal dan sukses lebih awal. Kuatkan tujuan kenapa harus sukses lalu mulai dari langkah kecil membuat bisnis menjadi terus berkembag.

(***)