Beranda Pemerintahan Pentingnya Integrasi Data dalam Pembangunan Kota Tangerang

Pentingnya Integrasi Data dalam Pembangunan Kota Tangerang

Rapat Evaluasi Pembangunan yang bertempat di Ruang Rapat Akhlakul Karimah, Gedung Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Senin (18/07/2022) - Foto istimewa

TANGERANG – Data menjadi bagian terpenting dalam proses pembangunan. Pembangunan akan berjalan baik apabila didasari dengan ketersediaan data yang benar dan aktual. Untuk itu Walikota Arief R Wismansyah menginstruksikan kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan kecamatan untuk mempercepat implementasi e-government guna mempermudah akses dan integrasi data dari setiap OPD melalui Aplikasi Tangerang Satu Data.

Hal tersebut disampaikan Walikota saat memimpin Rapat Evaluasi Pembangunan yang bertempat di Ruang Rapat Akhlakul Karimah, Gedung Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Senin (18/07/2022).

“Terkadang banyak kendala atau atau urusan-urusan bahkan program kita ini terlambat karena masalah data. Karena itu digagaslah Tangerang Satu Data yang merupakan Big Data Kota Tangerang,” ujar Arief dalam keterangannya.

Dalam rapat yang dihadiri langsung oleh Wakil Walikota Sachrudin dan seluruh Kepala OPD serta camat di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang tersebut, Arief menjelaskan pemanfaatan Big Data melalui Aplikasi Tangerang Satu Data ini diharapkan dapat mempercepat sistem pelayanan dan informasi dari pemerintah kepada masyarakat Kota Tangerang.

“Yang kita layani kan cuma satu kan yaitu masyarakat Kota Tangerang, karena basisnya sama maka rujukan datanya juga harus tersentralistik. Nah pelayanannya yang desentralisasi, selama ini yang bikin lama kan karena tiap OPD punya data sendiri-sendiri.” tukas Walikota.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tangerang, Indri Astuti, menerangkan bahwa Aplikasi Tangerang Satu Data merupakan pendetilan dari Aplikasi Satu Data Indonesia yang sesuai dengan Perpres No.39 Tahun 2019.

“Ada pengembangan data yang akan dilakukan oleh Pemerintah Kota Tangerang sesuai dengan arahan Pak Wali yaitu kita akan bangun yang namanya Big Data.” terang Indri.

Sebagai informasi, Big Data adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan volume data yang sangat besar dan kompleks, baik yang terstruktur maupun tidak terstruktur, berkecepatan tinggi dan bervariasi serta membutuhkan teknologi dan teknik terbaru untuk menangkap, menyimpan, dan menganalisis data yang berguna untuk pengambilan keputusan, memberikan wawasan dan panduan serta mendukung optimalisasi proses yang akan dilakukan di aplikasi pemroses data tradisional.

(Ril/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini