Beranda Gaya Hidup Pentingnya Cek Fakta Dalam Menanggapi Berita dari Sosmed

Pentingnya Cek Fakta Dalam Menanggapi Berita dari Sosmed

112
0
Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

Berita hoaks seperti tidak kehabisan tempat di tengah-tengah masyarakat. Tidak sedikit orang yang termakan serta membagikan berita bohong yang isinya tidak akurat kepada orang lain.

Kalau sudah begini, kita harus lebih mawas dan waspada terhadap berita-berita yang kita baca setiap harinya, terutama yang kita terima di media sosial. Kadang ada saja berita-berita viral yang isinya hanya kepalsuan belaka.

Untuk itu penting bagi kita melakukan cek fakta atas setiap berita yang kita baca, terutama dari media sosial seperti Facebook atau Twitter. Jangan sampai berita yang kita nikmati ternyata hoaks dan isinya hanya ujaran fitnah kepada oknum tertentu, apalagi di tahun politik seperti sekarang ini, berita hoaks sangat mudah diperoleh.

Lantas, kenapa sih cek fakta itu penting untuk dilakukan? Berikut ini 4 alasannya.

1. Biar gak terjebak berita palsu

Agar bisa membedakan mana berita benar dan yang dikarang-karang, tentu cek fakta perlu kita lakukan. Ada banyak situs terkenal yang kini sudah menyediakan fitur cek fakta untuk menelesuri apakah suatu informasi benar atau tidak.

Baru-baru ini Youtube meluncurkan fitur cek fakta saat seseorang mengetik video apa yang ingin dicari di Youtube. Nantinya akan muncul hasil pencarian di bagian paling atas yakni cek fakta terkait video yang dicari tersebut. Sayangnya fitur ini baru terdapat di India. Semoga bisa diimplementasikan secepatnya di Indonesia ya.

2. Supaya jadi pembaca yang cerdas

Dengan melakukan cek fakta, kita jadi pembaca yang tidak hanya menelan mentah-mentah pemberitaan yang ada. Kita berupaya untuk mencari tahu kebenaran berita dengan mencari informasi tambahan dari situs-situs terpercaya yang ada.

Dengan begitu ketika kita menemukan berita dari situs berita yang belum jelas alamat dan lokasi kantornya, kita sudah bisa waspada terhadap berita yang disiarkan situs itu. Kadang orang mudah percaya berita dengan membaca judulnya saja, tanpa melanjutkan sampai ke isi beritanya.

Untuk menjadi pembaca yang cerdas, kita bisa lakukan beberapa upaya lain dalam proses cek fakta, seperti melihat struktur berita yang ditulis oleh media yang kita baca, apakah sudah memenuhi unsur 5w+1H  dan juga cover both side atau keseimbangan di dalam berita, sehingga berita tersebut tidak subjektif.

3. Biar gak jadi bagian dari oknum penyebaran hoaks

Ini juga menjadi alasan penting kenapa kita harus cek fakta dalam menanggapi suatu berita. Jangan sampai kita turut menjadi bagian dari penyebar hoaks hanya karena malas mengecek kembali keakuratan berita yang kita baca. Hoaks mudah tersebar karena perilaku “langsung share” yang kerap dilakukan sebagian orang.

Tanpa mau tahu konten beritanya seperti apa, setelah baca judul, terkadang orang bisa dengan mudah mengklik ikon berbagi seperti di laman Facebook. Bayangkan jika berita hoaks itu dibaca orang lain dan langsung dipercayai, kita juga turut mendapat dosa dari perbuatan kita itu. Untuk itu cek fakta perlu kita lakukan untuk melindungi diri dari ancaman informasi hoaks.

4. Agar kita gak gampang beropini dan menghakimi orang lain

Membaca berita yang ternyata adalah hoaks bisa membuat kita gampang beropini untuk menyudutkan oknum tertentu, padahal kita tidak tahu kebenaran utuhnya seperti apa. Jangan sampai karena berita hoaks, kita mudah beropini dan menghakimi pihak yang diberitakan.

Bisa saja pihak yang disudutkan dalam berita tersebut ternyata tidak melakukan perbuatan seperti yang diberitakan, bahaya kan kalau kita menelan bulat-bulat informasi seperti itu. Dengan demikian, cek fakta penting untuk menjadi prinsip kita dalam menanggapi berita.

Demikianlah 4 alasan pentingnya melakukan cek fakta dalam menaggapi berita. Semoga kita bisa menjadi pembaca yang cerdas dan tidak mudah membagikan berita yang belum jelas sumbernya. (Red)

Sumber : IDN Times