Beranda Gaya Hidup Begini Tips Redam Kepanikan Saat Takut Naik Pesawat

Begini Tips Redam Kepanikan Saat Takut Naik Pesawat

Ilustrasi - foto istimewa tempo.co

Berita kecelakaan pesawat yang kini sedang ramai bisa memunculkan kepanikan. Terutama para calon penumpang pesawat dengan maskapai yang sama atau dengan tujuan yang sama.

Rasa panik juga muncul jika dalam waktu dekat harus melakukan perjalanan udara. Hal tersebut menurut psikolog Rena Masri, sangat wajar.

Apalagi, kejadian kecelakaan pesawat tersebut dipublikasi di berbagai media.

” Jika rasa panik tersebut disertai gejala-gejala serangan atau pannick attack, seperti tangan yang berkeringat, serba salah mau duduk atau berdiri, jantung berdegup lebih cepat terus terjadi saat naik pesawat perlu dikonsultasikan ke ahlinya,” ungkap Rena dilansir dream.co.id.

Bagi Anda yang hendak terbang di hari-hari ini dan mengalami cemas atau panik. Berikut saran Rena saat agar tak panik ketika hendak naik pesawat terbang:

1. Berpikiran positif

Misalnya berpikir bahwa data menunjukkan pesawat merupakan moda transportasi paling aman dibandingkan yang lain.

2. Berdoa

“Ngga boleh lupa, apapun yang kita rencanakan yang menentukan bukan kita, tapi Tuhan,” katanya.

3. Baca Petunjuk

Bekali informasi tentang pesawat dan petunjuk keselamatan

4. Nikmati Perjalanan

Berusaha menikmati penerbangan dengan menikmati keindahan langit atau awan. Misalnya membaca buku, mengisi teka-teki silang, bermain gim, menonton film, mendengarkan musik, mengobrol, makan makanan ringan

“Jadi bisa memikirkan hal yang lain selain kejadian tadi pagi,” saran wanita yang mendapatkan gelar psikolog di Universitas Indonesia ini

6. Menarik napas dalam yang panjang jika rasa cemas muncul

7. Memikirkan apa yang akan dilakukan saat sampai ke tempat tujuan. (Red)