Beranda Peristiwa Pengunjung Stadion Maulana Yusuf Kota Serang Keluhkan Parkir Berbayar

Pengunjung Stadion Maulana Yusuf Kota Serang Keluhkan Parkir Berbayar

Parkir Berbayar Stadion Maulana Yusuf Kota Serang

SERANG – Pemberlakukan parkir berbayar di Stadion Maulana Yusuf, Kota Serang dikeluhkan oleh beberapa pengunjung. Parkir berbayar tersebut sudah mulai diberlakukan sejak Senin (28/8/2023) lalu.

Salah satu pengunjung bernama Aqil mempertanyakan terkait sosialisasi yang sudah dilakukan pengelola Stadion terkait parkir berbayar. Menurutnya masyarakat berhak diberikan sosialisasi terkait parkir tersebut.

“Kalau udah bakal ada parkir itu sebelumnya pihak pemerintah terkait udah ada sosialisasi gak buat apa tujuan dibuat parkir berbayar itu meski fungsinya buat nambah pendapatan daerah,” kata Aqil, Kamis (31/8/2023).

Sedangkan menurut pengunjung lainnya bernama Yana menyatakan, parkir tersebut baik untuk mengusir parkir liar namun dirinya merasa harus membayar double saat bolak-balik Stadion.

“Tujuannya kalau mengusir parkir liar bagus sih, cuma jadi boncos aja kalau bolak balik jadinya bayar terus,” ujar Yana.

Di lain tempat, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kota Serang, Sarnata mengakui jika memang ada keluhan terkait parkir berbayar.

“Ada beberapa keluhan dari masyarakat, tapi kami memberikan pemahaman, sampai hari ini tidak ada keluhan-keluhan yang sangat prinsip,” kata Sarnata.

Menurut Sarnata dengan diadakannya parkir berbayar tersebut yaitu agar mendorong Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sisi parkir khusus.

Ditarget dari parkir tersebut dapat menghasilkan PAD sebesar Rp 320 juta per tahun yang nantinya 20 persen dari pendapatan tersebut masuk pajak ke Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda).

Biaya parkir sebesar Rp2.000 ribu untuk motor dan Rp3.000 ribu untuk mobil tidak diwajibkan bagi seluruh pengunjung. Bahkan untuk 15 menit awalpun pengunjung dibebaskan biaya parkir.

“Ada beberapa masyarakat yang dikecualikan dari parkiran ini, tidak semua masyarakat dikenakan sesuai dengan perjanjian kerja sama kami. Tapi kalau lebih dari 15 menit mereka bayar,” ujar Sarnata.

Selain untuk PAD tujuan parkir berbayar juga ditujukan agar Stadion Maulana Yusuf dapat lebih tertib.

“Dengan adanya parkir ini juga kita berlahan menertibkan area stadion sehingga secara berangsur-angsur kita bisa tertibkan secara berkala,” tuturnya

(Mg-Audindra/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini