Beranda Kesehatan Penglihatan Membaik, Inilah 4 Manfaat yang Bisa Dirasakan Setelah LASIK

Penglihatan Membaik, Inilah 4 Manfaat yang Bisa Dirasakan Setelah LASIK

Ilustrasi

SERANG – LASIK semakin dikenal sebagai salah satu usaha koreksi penglihatan dengan hasil yang memuaskan. Dalam sebuah penelitian terbaru disebutkan bahwa sekitar 96% pasien LASIK benar-benar puas dengan hasil penglihatan pasca operasi. Hingga saat ini, manfaat setelah LASIK sangat menarik banyak orang karena membantu menghilangkan ketergantungan pada kacamata dan lensa kontak pada penderita kelainan refraksi.

LASIK adalah singkatan dari “Laser-Assisted in Situ Keratomileusis” yang merupakan tindakan bedah refraktif. Tindakan bedah LASIK ditujukan untuk pasien yang mengalami gangguan penglihatan dan ingin mendapatkan penglihatan yang lebih jelas dan tajam. Prosedur ini melibatkan penggunaan laser untuk mengubah bentuk kornea dan memperbaiki masalah penglihatan seperti rabun dekat, rabun jauh, dan astigmatisme atau silinder.

LASIK membuat penderita kelainan refraksi terbebas dari kacamata maupun alat bantu penglihatan lainnya, dengan catatan kondisi mata pasien memenuhi syarat untuk dilakukan LASIK. Sebelum dilakukan tindakan bedah, calon pasien perlu melakukan tahapan LASIK yang dimulai dari pemeriksaan dasar atau yang disebut dengan Pre-LASIK, hingga konsultasi dengan dokter mata.

Di balik kepopuleran LASIK, setidaknya ada 4 alasan mengapa LASIK menjadi pilihan bagi banyak orang.

1. PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI DAN KUALITAS HIDUP

Melakukan banyak aktivitas tanpa perlu alat bantu penglihatan adalah idaman hampir setiap orang yang memiliki kelainan refraksi.  Pasien yang sebelumnya terbatas dalam aktivitas seperti olahraga atau kegiatan outdoor karena keterbatasan penglihatan, dapat kembali leluasa menikmati aktivitas ini tanpa alat bantu penglihatan setelah prosedur LASIK.

Pasien dengan masalah penglihatan seperti rabun jauh atau rabun dekat mungkin merasa lelah atau sakit kepala karena harus memakai kacamata atau lensa kontak sepanjang hari. Dengan LASIK, pasien dapat menghindari masalah ini dan merasa lebih nyaman sepanjang hari. Manfaat LASIK juga dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri seseorang. Pasca LASIK, pasien tidak lagi harus merasa terganggu atau merasa tidak nyaman saat beraktivitas dengan memakai kacamata atau lensa kontak.

Diketahui bahwa beberapa profesi juga memberikan syarat pada pegawainya untuk tidak berkacamata maupun lensa kontak saat bekerja. Tindakan LASIK ini dapat membantu calon pasien yang berkacamata agar mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keinginannya tanpa adanya hambatan.

2. INVESTASI JANGKA PANJANG

Manfaat LASIK yang lain adalah hasil yang tahan lama. Hasil yang didapat setelah prosedur LASIK bisa bertahan seumur hidup, meskipun mungkin perlu beberapa penyesuaian jika masalah penglihatan yang mendasar terus berkembang seiring waktu atau dengan penambahan usia.

LASIK dapat menghemat anggaran dana pengeluaran Anda.  Ini membuat LASIK menjadi investasi jangka panjang yang layak bagi mereka yang ingin menghindari biaya dan ketidaknyamanan yang terkait dengan kacamata atau lensa kontak dalam jangka waktu yang panjang.

Satu tindakan bedah LASIK memerlukan biaya yang cukup besar, tetapi bisa memberikan manfaat jangka panjang bagi kesehatan mata seseorang. Dalam banyak kasus, pasca prosedur LASIK tidak lagi perlu mengenakan kacamata atau lensa kontak untuk melihat dengan jelas. Secara jangka panjang, LASIK dapat menghemat pengeluaran Anda untuk pembelian frame dan lensa kacamata serta lensa kontak.

3. MINIM EFEK SAMPING DENGAN HASIL PERMANEN

Membayangkan proses operasi seringkali menakutkan untuk beberapa orang. Prosedur operasi kerap dikaitkan dengan rasa sakit.

Berbeda dengan LASIK, pada dasarnya prosedur LASIK relatif cepat dan nyaman baik pada saat prosedur dilakukan hingga pasca tindakan.

Umumnya prosedur LASIK hanya memakan waktu sekitar 15 menit kedua mata dan pasien dapat pulang dalam waktu singkat setelahnya.

Dokter akan memberikan anestesi atau bius dalam bentuk obat tetes mata. Seiring berjalannya waktu, operasi LASIK menggunakan teknologi yang semakin canggih sehingga proses pemulihan lebih cepat.

4. BEBAS KETERGANTUNGAN PADA ALAT BANTU PENGLIHATAN

Prosedur LASIK pada akhirnya akan membebaskan pasien pada ketergantungan kacamata atau lensa kontak sebagai alat bantu penglihatan. Hasil perbaikan penglihatan yang signifikan dapat segera dinikmati pasien setelah menjalani prosedur ini.

Tindakan LASIK sangat berguna bagi mereka yang ingin lepas dari ketergantungan terhadap lensa kontak atau kacamata. Pemakaian lensa kontak seringkali tidak praktis dan menimbulkan masalah. Lensa kontak seringkali menjadi pemicu infeksi di kornea mata akibat higienitas pemakaian lensa kontak yang kurang atau penyimpanan lensa kontak yang tidak steril. Kacamata juga memiliki keterbatasan karena membuat pandangan terbatas sesuai bentuk bingkainya dan menyulitkan saat dipakai olah raga.

LASIK dapat memberikan hasil penglihatan yang lebih baik dengan tingkat keberhasilan yang tinggi. Manfaat setelah LASIK akan sangat terasa aman dan nyaman untuk pasien, dengan dukungan dokter spesialis mata yang profesional dan berpengalaman, serta penggunaan teknologi yang tepat.

Konsultasi sebelum LASIK akan membantu pasien memahami lebih lanjut tentang apa yang harus dilakukan dalam persiapan menjelang operasi serta apa yang diharapkan selama dan setelah operasi.

Konsultasi sesudah tindakan LASIK juga sangat penting. Selama konsultasi ini, dokter mata akan memeriksa kembali kondisi mata pasien dan mengevaluasi hasil operasi LASIK. Jika ada komplikasi atau masalah yang terjadi selama atau setelah operasi, dokter mata dapat memberikan perawatan yang diperlukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Pastikan Anda memilih tempat operasi LASIK di klinik mata tepercaya serta memiliki alat dan teknologi yang canggih. Salah satu klinik mata yang tepercaya dan memiliki dokter spesialis mata yang berpengalaman adalah KMN EyeCare.

Ditinjau oleh: Dr. Maria Magdalena Purba, SpM

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News