Beranda Kesehatan Pengguna Fasilitas Umum Rentan Terkena Virus Corona

Pengguna Fasilitas Umum Rentan Terkena Virus Corona

dr Akhmad Sulaeman. (Memed/bantennews)

PANDEGLANG – Juru Bicara Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pandeglang, dr Akhmad Sulaeman mengungkapkan bahwa warga yang sering menggunakan fasilitas umum rentan terserang virus Corona atau Covid-19. Oleh sebab itu ia menyarankan agar warga meminimalisir penggunaan fasilitas umum atau berkumpul dengan orang banyak.

Kata dia, salah satu fasilitas umum yang rentan menularkan virus Corona adalah angkutan umum. Sebab, para penumpang tidak mungkin mengetahui jika di dalam angkutan umum itu sudah ada yang terpapar atau membawa virus.

“Sebenarnya sekarang naik angkutan umum berisiko tetapi orang-orang masih tetap saja (banyak), padahal itu bisa jadi dari awalnya negatif terus naik angkutan umum kontak udah jadi tertular badannya udah ada virusnya gitu. Walaupun belum menimbulkan gejala jadi pembawa atau carrier,” kata Sulaeman, Jumat (3/4/2020).

Ia melanjutkan, virus ini juga sangat cepat menular ketika ada kerumunan massa yang cukup banyak. Karenanya ia mengimbau pada warga untuk menghindari kerumunan massa.

“Oh iya sarana umum misalnya pelayanan umum termasuk puskemas juga rentan kalau di sana terlalu banyak yang berjubel, kayanya sekarang ini banyak puskemas yang mengambil kebijakan pembatasan, biar petugasnya yang datang ke rumah kalau sakitnya ringan saja,” jelasnya.

Ia juga menyarankan pada warga yang sudah bepergian atau menggunakan fasilitas umum sebaiknya ketika datang ke rumah jangan dulu langsung bersentuhan dengan keluarganya. Sebaiknya langsung mengganti pakaian dan disegerakan mandi.

“Sesudah kita habis dari perjalanan sampai di rumah jangan langsung cium tangan (kontak langsung) dengan orang rumah, nanti dulu deh itu. Kita langsung bajunya dilepas masukin ke tempat cucian jangan sampai tersentuh dan kita mandi,” sambungnya.

Selain menjaga pola hidup sehat masyarakat juga dianjurkan mengkonsumsi makanan bergizi, banyak istirahat, berjemur di bawah sinar matahari dan tidak gampang stres atau minum suplemen jika dirasa perlu untuk menjaga imunitas atau sistem kekebalan tubuhnya.

“Untuk suasana seperti ini kondisi cuaca juga ga menentu ya kita sebaiknya makan makanan yang mengandung protein contohnya telur, daging dan kalau itu terasa mahal bisa dari tumbuh-tumbuhan misalnya tahu, tempe terus banyak makan buah-buahan, sayuran,” ujarnya.

“Kalau suplemen itu pilihan terakhir ya, kalau misalnya dia pola makannya tidak seimbang, sayuran kurang terus dari buah-buahan juga kurang mau ga mau akhirnya kita minum suplemen tapi sebaiknya suplemen Vitamin B kompleks, Vitamin C, Vitamin E sama Mineral zinks atau Magnesium,” tambahnya. (Med/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ