Beranda Kesehatan Pengabdian Kepada Masyarakat, Mahasiswa Unsera Bantu Cegah Penyebaran Covid-19

Pengabdian Kepada Masyarakat, Mahasiswa Unsera Bantu Cegah Penyebaran Covid-19

Mahasiswa Universitas Serang Raya (UNSERA) tahun 2020 tengah mengadakan kegiatan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM)

SERANG – Mahasiswa Universitas Serang Raya (UNSERA) tahun 2020 tengah mengadakan kegiatan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) dengan tetap melakukan prosedur kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

Dinamakan KKM alternative, yaitu dimana kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan dalam bentuk program pembuatan produk, edukasi digital dan kerja sosial. Kegiatan ini dilakukan sejak Mei hingga Juli 2020.

Ketua KKM UNSERA kelompok 04, Rio Danu menerangkan bahwa kelompok 04 akan melakukan kegiatan yang bermanfaat sebagai pengabdian kepada masyarakat, terutama di masa pandemic Covid-19 ini.

“Pada pandemic sekarang susahnya mencari masker, mengakibatkan beberapa masyarakat tidak memakai masker sebagai pencegahan penyebaran Covid-19, oleh sebab itu kelompok 04 KKM UNSERA mulai memproduksi masker yang kemudian didistribusika secara gratis,” ujarnya, Minggu (16/8/2020).

Dikatakan, pembuatan masker kain ini bertujuan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Selain itu penggunaannya juga dapat mengurangi limbah padat di lingkungan serta bisa dicuci sehingga dapan digunakan secara berulang apabila kondisi kain masih bagus.

“Kelompok 04 KKM UNSERA memproduksi masker kain ini secara mandiri, mulai dari mencari bahan baku pembuatan hingga hasil jadi yang siap di kemas untuk menjaga kebersihan masker itu sendiri sebelum didistribusikan,” katanya.

Wakil Ketua Kelompok 04 KKM UNSERA, Ririn Safitri mengungkapkan bahwa, dua program sudah dijalankan yakni pembuatan produk dan kerja sosial.

“Adapun program edukasi digital yang akan kami sampaikan yaitu sosialisasi mengenai panduan ergonomic “Learning/working from home”. Sosialisasi tersebut dilakukan secara digital menggunakan media gadget atau laptop, dengan cara mulut ke mulut. Kami memberikan materi kepada anak-anak masyarakat di tempat tinggal sekitar dan juga mencoba berdiskusi kepada beberapa dosen/guru sebagai pengajar, dan juga kepada para pekerja yang melakukan pekerjaan dari rumah (working from home). Mteri Panduan “Learning/Working From Home,” terangnya

“Panduan buku ergonomic tersebut guna untuk meningkatkan motivasi belajar maupun bekerja dari rumah, selain itu juga dapat menjaga kesehatan jasmani. Berbagai panduan seperti posisi yang disarankan ketika belajar hingga waktu kapan kita mulai belajar semua tercatat pada materi diatas,” imbuhnya.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini