Beranda Pemerintahan Penerimaan CPNS  Dibuka 25 Oktober, Ada 183 Formasi untuk Cilegon

Penerimaan CPNS  Dibuka 25 Oktober, Ada 183 Formasi untuk Cilegon

Kepala BKPP Kota Cilegon Mahmudin. (Usman/bantennews)

CILEGON – Bagi masyarakat Kota Cilegon yang ingin menjadi abdi negara sepertinya harus mulai bersiap diri. Ini dikarenakan Pemkot Cilegon bakal membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada 25 Oktober 2019 mendatang. Ada sebanyak 183 formasi yang tersedia untuk Pemkot Cilegon pada penerimaan CPNS tahun ini.

Itu diketahui melalui surat Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Birokrasi (Menpan-RB) Nomor : 568 Tahun 2019 tentang Penetapan Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintah Kota Cilegon Tahun Anggaran 2019.

“Dari sebanyak 183 formasi dari jumlah formasi itu dibagi tiga yakni guru atau tenaga kependidikan sebanyak 122 formasi, tenaga kesehatan seperti medis, dokter, bidan dan lainnya ada sebanyak 17 formasi, sementara tenaga teknis ada 44 formasi,” ujar Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Cilegon Mahmudin kepada wartawan, Senin (21/10/2019).

Mahmudin menuturkan bahwa pendaftaran CPNS 2019 ini akan dibuka pada 25 Oktober 2019 dan akan dilaksanakan secara online. Namun untuk proses tes seleksi CPNS akan dilaksanakan sekitar Februari 2020 mendatang.

“Perlu saya informasikan kepada masyarakat Kota Cilegon yang nanti akan melamar, kalau tidak ada halangan, kalau tidak ada perubahan pengumuman penerima akan dilaksanakan pada 25 Oktober 2019, mudah-mudahan tidak ada perubahan. Dalam pendaftaran ini masyarakat tidak harus minta tolong ke siapapun, karena pendaftaran semuanya serba online, berkas yang disampaikan pun sama seperti tahun sebelumnya yakni semuanya online, jadi tidak ada media untuk bertemu, dan yang perlu digarisbawahi bahwa nanti saat pengumuman tidak dipungut biaya apapun. Kenapa karena memang semua pendaftarannya melalui online,” paparnya.

Mahmudin menjelaskan bahwa dalam persyaratan pendaftaran online masyarakat diwajibkan memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) dan Kartu Keluarga (KK).

“Persyaratannya online ini nanti akan kita upload dan share. Yang paling penting bagi masyarakat yang ingin mendaftar harus memiliki NIK (Nomor Induk Kependudukan), kemudian ada kartu keluarga, kami tekankam kepada masyarakat yang ingin daftar agar mulai dipersiapkan KTP-nya, jangan sampai NIK-nya double atau kepake sama orang, nanti gak bisa daftar repot nanti,” papar.

Yang membedakan CPNS tahun kemarin dengan tahun ini, lanjut Mahmudin, bahwa formasi CPNS diumumkan kemudian diversifikasi tahun ini, namun pelaksanaan tesnya bakal dilaksanakan pada Februari 2020 mendatang.

“Jadi tahun 2019 ini hanya dimulai dari pendaftaran, verifikasi, kemudian siapa yang dinyatakan memenuhi syarat administrasi, mendapatkan pemanggilan nomor tes, dan nanti pelaksanaan tesnya di bulan Februari 2020. Tempatnya sesuai dengan kesepakatan diserahkan ke Kabupaten/kota, artinya apa? bahwa semua daerah harus wajib menyediakan sarana dan prasarana mulai dari ruangan tes, komputer untuk tes, kemudian jaringan, tenda dan seterusnya, itu semua ditanggung oleh pemerintah daerah,” paparnya. (Man/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini