Beranda Uncategorized Peneliti Senior LSI Denny JA: Citra KH Ma’ruf Amin Dipertaruhkan di Banten

Peneliti Senior LSI Denny JA: Citra KH Ma’ruf Amin Dipertaruhkan di Banten

Kh Ma'ruf Amin - foto istimewa kompas.com

SERANG – KH Maruf Amin dipertaruhkan secara politik di Provinsi Banten dan Jawa Barat. Citranya bisa terganggu dan berpotensi melemahkan posisi tawarnya jika mantan ketua umum MUI ini gagal mendulang suara yang signifikan di dua wilayah strategis tersebut.

“Idealnya, posisi dan peran KH Maruf di dua wilayah tersebut selain, minimal, mempertahankan suara umat Islam, tapi juga bisa menyumbang elektabilitas buat Jokowi,” ungkap Direktur Eksekutif Citra Komunikasi Lingkaran Survei Indonesia (LSI), Toto Izul Fatah, Jumat (8/3/2019).

Peneliti senior LSI Denny JA ini menegaskan kembali, peran ideal KH Maruf itu seharusnya sama seperti Jusuf Kalla di Sulawesi Selatan saat dipilih mendampingi Jokowi pada Pilpres 2014 lalu. Hasilnya perolehan suaranya cukup signifikan.

Bahkan, bisa dibilang, kalau tak ada faktor JK saat itu, Jokowi rawan disalip Prabowo-Hatta. Sehingga, karena sumbangan elektabilitasnya itu, JK secara politik relatif diperhitungkan dalam menjalankan fungsinya sebagai wakil presiden.

Berdasarkan data terbaru survei LSI, jelas Toto, posisi elektabilitas Kiai Maruf di Banten dan Jabar masih belum aman menyumbang suara buat Jokowi. Bahkan, dalam berbagai simulasi, elektabilitas Jokowi yang kokoh secara personal menjadi turun saat dipasangkan dengan KH Maruf.

“Ini terjadi di Dapil 10 Jawa Barat, dimana Jokowi yang sudah mengantongi keunggulan 47,8% melawan Prabowo 41,8% secara personal. Begitu dipasangkan dengan KH Maruf, elektabilitasnya menurun jadi 45%, sementara Prabowo-Sandi naik menjadi 42,8%,” Toto menjelaskan seperti dikutip Tribunnews.com.

Toto mencontohkan juga hasil survei di Banten. Dalam simulasi personal Jokowi yang sudah mengantongi 36%, saat dipasangkan dengan KH Maruf menurun menjadi 35%.

Berbeda sebaliknya dengan elektabilitas Prabowo yang disumbang signifikan oleh calon wakilnya, Sandiaga Uno. Dari elektabilitas pesonalnya 38% naik menjadi 40%.

Begitu juga dengan data per Dapil seperti yang terlihat di Banten 1 (Pandeglang – Lebak). Posisi elektabilitas Jokowi yang sudah 37,7% menurun menjadi 35% saat dipasangkan dengan KH Maruf.

“Dari sejumlah data tersebut, KH Maruf dalam waktu kurang dari dua bulan ini sebaiknya mampu merumuskan strategi yang lebih cerdas dengan sentuhan personal figure beliau yang lebih mengena,” tegas Toto.

Toto mengingatkan, posisi tawar KH Maruf akan melemah jika elektabilitas pasangan nomor urut 01 ini hanya mengandalkan kekuatan personal Jokowi. Padahal, spirit awal memilih Kiai Maruf dalam rangka menaikkan perolehan suara umat Islam.

Minimal mempertahankan, tidak malah merontokan. Terutama, di wilayah yang seharusnya menjadi basis KH Maruf, yakni Banten dan Jawa Barat. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini