Beranda Kesehatan Pencanangan Vaksinasi Booster, Bupati Serang : Kayak Digigit Semut

Pencanangan Vaksinasi Booster, Bupati Serang : Kayak Digigit Semut

Salah Satu Peserta Vaksinasi Booster di Pendopo Bupati Serang pada Senin (24/1/2022). Foto: Nindia/BantenNews.co.id

KAB. SERANG – Vaksinasi Covid-19 ketiga atau booster untuk lanjut usia (lansia) dan masyarakat rentan digelar oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang pada Senin (24/1/2022) di Pendopo Bupati Serang.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengatakan pelaksanaan vaksinasi booster sudah dilakukan sejak pekan lalu dan sebagai upaya untuk melindungi masyarakat Kabupaten Serang dari penyebaran varian baru Covid-19.

“Pelaksanaan vaksinasi booster di Kabupaten Serang sudah berjalan dari beberapa hari lalu. Iya harus digencarkan, jadi kita harus bersama-sama lagi dengan TNI/Polri untuk pencapaian bisa secepat mungkin karena ini penting untuk masyarakat agar daya tahan tubuh mereka bisa lebih bagus lagi,” ujar Tatu di sela-sela gelar vaksinasi booster.

Untuk vaksinasi booster hari ini menggunakan jenis vaksin Pfizer dan suntikan pertama pada pencanangan vaksinasi booster diberikan kepada Bupati Serang.

“Enggak sakit, kalau kata anak SD kayak digigit semut rang-rang,” ucap Tatu diiring tawanya.

Tatu menyebutkan di samping pelaksanaan vaksinasi booster, vaksinasi untuk dosis pertama dan kedua bagi masyarakat tetap digencarkan hal itu mengingat Pemkab Serang memiliki target seluruh masyarakatnya sudah divaksinasi Covid-19.

Sedangkan untuk vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6 sampai 11 tahun masih dilaksanakan di sekolah masing-masing.

“Ada progres, tapi masih mengejar terus. Untuk anak-anak usia 6 sampai 11 tahun ditugaskan ke Dinas Pendidikan karena mereka udah belajar tatap muka,” kata Tatu.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Serang, Agus Sukmayadi mengatakan sasaran program vaksinasi booster diperuntukkan bagi masyarakat yang berusia 18 tahun ke atas dengan prioritas lansia dan masyarakat rentan.

“Saat ini sebetulnya pencanangan vaksinasi booster di masyarakat Kabupaten Serang sudah dilakukan sejak minggu lalu dan hari ini masih dilaksanakan untuk masyarakat, terutama untuk lansia, dan masyarakat yang rentan yang dilakukan oleh teman-teman di Puskesmas Kecamatan,” ujar Agus.

“Ya ini pencanangannya saja di Kabupaten untuk pejabat Eselon II dan masyarakat rentan termasuk teman-teman media seperti yang disampaikan Bupati bahwa teman-teman media merupakan salah satu masyarakat rentan yang berpotensi terpapar karena memang kontak langsung dengan masyarakat,” lanjut Agus.

Vaksin yang disediakan pada pencanangan vaksinasi booster di Pendopo Bupati Serang yakni sekitar 200 dosis.

Untuk vaksin booster, Pemkab Serang mendapatkan sebanyak 585 vial jenis Pfizer dari Dinkes Provinsi Banten.

“Kemudian untuk booster sendiri, Pfizer 585 vial jadi kalau satu vial itu untuk kurang lebih 6 dosis atau 6 sasaran itu yang baru kami peroleh dari Dinkes Provinsi Banten. Untuk Pfizer difokuskan ke booster dan menunggu dari pemerintah pusat karena sudah beberapa kali disampaikan oleh Kemenkes bahwa masyarakat tidak bisa memilih jenis vaksin,” kata Agus.

Sedangkan untuk vaksin Sinovac sebanyak 58.444 vial dan akan difokuskan bagi vaksinasi anak usia 6 sampai 11 tahun serta vaksinasi dosis kedua untuk masyarakat yang belum vaksin kedua.

Bagi masyarakat Kabupaten Serang yang belum divaksinasi booster, Agus menyebutkan masyarakat bisa datang langsung ke Puskesmas terdekat.

“Kita berharap masyarakat bisa langsung hadir ke Puskesmas. Karena saat ini puskesmas kan lagi ada kegiatan untuk vaksin dosis pertama untuk usia 6-11 tahun di sekolah jadi kalau masyarakat datang ke puskesmas kemudian mereka menunjukkan sudah 6 bulan dari vaksin dosis kedua ya kita bisa vaksin,” tutup Agus.

(Nin/Red)