Beranda Kesehatan Perlu Edukasi Vaksin kepada Masyarakat

Perlu Edukasi Vaksin kepada Masyarakat

310
0
dr Agus Sukmayadi. (Foto: Nindia/bantennews)

KAB. SERANG – Juru bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Serang, Agus Sukmayadi menyatakan bahwa perlu sosialisasi dan edukasi tentang vaksin kepada masyarakat.

Dikatakan,  vaksin membangun antibodi atau pertahanan tubuh dari virus Covid-19, tapi tidak menutup kemungkinan bahwa virus tersebut masuk ke dalam tubuh.

“Kepada masyarakat memang perlu melakukan edukasi yang lebih intens bahwa vaksinasi ini merupakan salah satu ya, bukan segala-segalanya, merupakan salah satu upaya untuk memutus mata rantai pandemi Covid-19,” ujar Agus Sukmayadi kepada BantenNews.co.id, Kamis (4/3/2021).

Lanjut Agus, terkait fungsi vaksinasi Covid-19 adalah untuk membuat kekebalan secara komunal.

“Fungsinya untuk membuat imuniti atau kekebalan secara komunal atau komunitas. Diharapkan dengan sudah divaksin kekebalan antibodi di dalam tubuh sudah terbentuk tetapi tetap setelah divaksin itu harus menjalankan protokol kesehatan dengan ketat,” jelasnya.

Menurut Agus, jika nantinya semua lapisan masyarakat sudah divaksin minimal 70 persen atau 80 persen, kekebalan komunitas akan terbentuk sehingga memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Ia juga berharap untuk masyarakat bisa menerima vaksinasi Covid-19 secara bertahap. “Saya harapkan setiap masyarakat yang tidak punya kontraindikasi dengan vaksin mau menerima vaksinasi sebagai salah satu upaya pencegahan terhadap penyebaran Covid-19 sehingga diharapkan kehidupan sosial, ekonomi, budaya, dan keagamaan kembali normal. Itu yang diharapkan dari vaksinasi,” tuturnya.

Agus juga mengimbau untuk terus menjaga protokol kesehatan dengan ketat walaupun sudah divaksinasi Covid-19.

“Tetap setelah divaksin protokol kesehatan harus tetap dijalankan dengan ketat,” imbaunya.

Sebelumnya diberitakan Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah terkonfirmasi positif Covid-19 pada Kamis (4/3/2021) dini hari melalui hasil pemeriksaan swab PCR. Meski sebelumnya, Bupati yang menjabat dua periode tersebut sudah melaksanakan vaksinasi lengkap yaitu hingga dosis kedua.
(Tra/Nin/Red)