Beranda Pemerintahan Pemprov Banten Tunggu Putusan Kemendagri Soal Pj Gubernur

Pemprov Banten Tunggu Putusan Kemendagri Soal Pj Gubernur

Gunawan Rusminto. (Iyus/bantennews)

SERANG – Teka-teki siapa yang akan mengisi posisi Penjabat (Pj) Gubernur Banten hingga kini belum diputuskan. Padahal lusa, Kamis (12/5/2022), pasangan Gubernur-Wakil Gubernur Banten, Wahidin Halim-Andika Hazrumy, sudah habis masa jabatannya.

Kepala Biro Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial (Pem-Kesos) Provinsi Banten, Gunawan Rusminto mengaku pihaknya masih menunggu keputusan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait sosok yang ditunjuk menjadi Pj Gubernur Banten.

“Sampai sekarang kita masih menunggu. Kalau di sana (Kemendagri-red) sudah siap, kita berangkat ke Jakarta. Informasinya hari ini, Selasa (10/5/2022). Ya kita nunggu saja,” kata Gunawan saat ditemui di sela peresmian Banten International Stadium (BIS), Senin (9/5/2022) malam.

Saat ditanya betapa nama pejabat eselon I yang diusulkan untuk menjadi Pj Gubernur, Gunawan enggan menyebut satu persatu.

“Banyak (nama), begitu saja deh,” katanya singkat.

Meski begitu, lanjut Gunawan, jika hingga tanggal 12 Mei nanti Kemendagri belum memutuskan siapa sosok Pj Gubernur, maka kekosongan jabatan pimpinan daerah akan dijabat oleh Pelaksana Harian (Plh) Gubernur Banten.

“Kalau tanggal 11-12 Mei belum ada (nama). Kemungkinan Plh. Nanti dijabat Pak Sekda (Al Muktabar), sambil nunggu SK (Surat Keputusan, red) dari Presiden. Karena sampai sekarang kita masih menunggu, kalau di sana sudah siap kita ke sana,” ungkapnya.

“Untuk masa jabatan Plh itu 10 sampai 15 hari. Kaya kemarin di Cilegon 10 hari Plh Walikota, Pandeglang juga sama,” sambungnya.

Gunawan berharap siapapun sosok yang menjabat PJ Gubernur Banten diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Banten. “Siapapun yang jadi mudah-mudahan membawa kemanfaatan buat Banten,” ucapnya.

Saat ditanya apakah Pemprov Banten akan mengadakan prosesi perpisahan untuk WH-Andika, Gunawan mengaku belum mendapatkan informasi.

“Sampai saat ini belum diinfokan. Kita masih menunggu kapan waktunya. Kemarin saya ke Pinang, Kota Tangerang, kata beliau (WH-red) nanti gue kabarin waktunya. Kalau rencana Pemprov Banten (seperti) biasa ngundang Bupati/Walikota se Banten dan unsur muspida,” ujarnya.

Berdasarkan informasi terdapat nama-nama yang muncul menjadi Pj Gubernur Banten di antaranya adalah Fadlansyah Lubis yang saat ini menjabat Wakil Seskab, Sekda Banten Al Muktabar, Irjen Kementan Jan Marinka, Dirjen Otda Kemendagri Akmal Malik.

(Mir/Red)