Beranda Advertorial Pemkot Serang Komitmen Terus Majukan Dunia Pendidikan

Pemkot Serang Komitmen Terus Majukan Dunia Pendidikan

SERANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Serang melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Serang terus berkomitmen memajukan dunia pendidikan. Berbagai macam program pemajuan pendidikan terus dilakukan.

Dukungan Pemkot Serang seperti disampaikan oleh Walikota Serang Syafrudin berkomitmen untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kota Serang melalui pendidikan.

Syafrudin memaparkan capaian terkait dengan peningkatan IPM sebesar 0,54 poin. “Capaian IPM Kota Serang di tahun 2022 melampaui target yang ditetapkan yaitu 72,81 poin, capaian ini menunjukkan peningkatan sebesar 0,54 poin dibandingkan tahun 2021 yang hanya mencapai 72,44 poin,” ucapnya.

Di sisi lain pembangunan fisik ruang kelas baru (RKB) dan Unit Sekolah Baru (USB) terus diupayakan. “Untuk sarana dan prasarana Dindik Kota Serang terus menginventarisasi sarana yang kurang baik untuk bisa dibangun supaya sarana dan prasarananya baik dan layak sehingga guru dan murid melaksanakan kegiatan mengajar dan belajar menjadi nyaman,” ujar Walikota.

Sebagai upaya peningkatan jumlah tenaga pengajar, Dindikbud Kota Serang juga melaksanakan rekrutmen 946 guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK pada tahun 2023.

“Rekrutmen terhadap guru baik tingkat PAUD SD dan SMP untuk melakukan seleksi bagi guru untuk menjadikan P3K. Dan Alhamdulillah sedikit demi sedikit para guru sekarang bisa terisi sesuai dengan kebutuhannya,” tandasnya.

Selain itu penyegaran dalam manajemen pendidikan juga tak ketinggalan seperti pelantikan 124 kepala sekolah, pengawas, dan penilik baik di tingkat sekolah dasar maupun menengah pertama di Kota Serang.

“Itu semua dalam rangka meningkatkan dunia pendidikan di Kota Serang,” kata peraih gelar doktor pendidikan dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) tersebut.

Dalam kesempatan yang sama, Walikota juga berpesan kepada para pendidik dan stakeholder untuk saling bekerja sama memajukan pendidikan di Kota Serang. “Perlu kebersamaan dalam memajukan pendidikan karena semua kita punya peran. Bukan saja tanggung jawab pemerintah, tapi semuanya punya peran penting yang sama,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Dindikbud Kota Serang Tubagus Suherman menyampaikan dukungan anggaran oleh Pemkot Serang sangat dirasakan dalam mendorong kemajuan dunia pendidikan. Salah satu program seperti Unit Sekolah Baru (USB) tengah berlangsung untuk jenjang SD dan SMP.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Serang Tb Suherman.

“Pemkot Serang luar biasa dukungannya dalam dunia pendidikan. Terlihat dari program yang sedang berjalan seperti aksesibilitas dari jenjang SD ke jenjang SMP. Kita tahu lulusan SD tidak semua tertampung di jenjang SMP. Pemkot membantu melalui program USB seperti pembangunan SD Banjar Sari dan SMP 28 Kota Serang yang ada di Kecamatan Kasemen,” kata Suherman.

Selain itu Pemkot Serang juga telah membangun USB SMPN 27 di Jalan Tegal Asem, Kelurahan Banjaragung, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang pada tahun 2021. Selain itu pembangunan SD Lebakgempol di Jalan Lemah Abang, Linkungan Lebakgempol, Kelurahan Unyur, Kecamatan Serang, Kota Serang.

Pada bagian pelayanan, Dindikbud Kota Serang membuka Pos Pelayanan Zona Hijau. Mulai dari jenjang PAUD, SD hingga SMP. “Kami juga menggandeng Ombudsman dan menempatkan petugas piket kesekretariatan supaya pelayanan Dindik ke arah lebih baik,” tandasnya.

Dukungan lain dari Pemkot Serang terhadap dunia pendidikan diakui Suherman melalui guru penggerak. “Untuk peningkatan SDM, kami berikan diklat dan praktik bagi guru yang bekerja sama dengan Balai Penjamin Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Banten,” kata Suherman.

“Guru penggerak dan kepala sekolah penggerak mendapat prioritas jenjang karir apabila ingin menjadi kepala sekolah bagi guru penggerak, dan pengawas untuk kepala sekolah penggerak,” tambah Suherman.

Selain itu, dukungan terhadap sarana dan prasarana pendidikan juga menjadi salah satu bagian tak terpisahkan dalam upaya meningkatkan mutu dunia pendidikan di Kota Serang. “Dindik Kota Serang memiliki tagline Dindikbud Kota Serang Bermutu, baik akademis maupun non akademis. Raihan prestasi para siswa kami sangat membanggakan. Belum lama ini Zamzam Ardabili, siswa kelas 6 SD Kubangapu meraih juara 3 MTQ Internasional di Qatar,” paparnya.

Selain itu, penghargaan dalam dunia pendidikan juga disematkan oleh Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) kepada Walikota Serang Syafrudin. Presiden Jokowi langsung memberikan penghargaan Dwija Praja Nugraha kepada Walikota Serang Syafrudin di Marina Convention Center, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu, (3/12/2022) silam.

Walikota Serang Syafrudin menerima penghargaan Dwija Praja Nugraha dari PGRI.

Penghargaan Dwija Praja Nugraha tersebut merupakan anugrah yang diberikan pengurus besar PGRI tingkat Nasional kepada Kepala Daerah yang memiliki perhatian dan komitmen lebih terhadap pendidikan dan kesejahteraan guru. (ADV)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini