Beranda Pemerintahan Pemkot Cilegon Masih Butuh 6.500 Pegawai

Pemkot Cilegon Masih Butuh 6.500 Pegawai

Sekda Cilegon, Sari Suryati menyampaikan sambutan saat Sosialisasi Bezetting dan Formasi pegawai

CILEGON – Pemkokt Cilegon melalui Badan Kepegawain Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) melaksanakan Sosialisasi Bezetting dan Formasi pegawai di pemerintah setempat yang dilaksanakan di Aula Setda II Kota Cilegon, Kamis (29/11/2018).

Sekds Cilegon, Sari Suryati mengatakan bahwa bezetting akan menjadi data basis kepegawaian bagi BKPP sebagai uraian jabatan untuk memberikan fungsi analisis jabatan yang tersedia.

“Formasi jabatan diperlukan untuk memberikan analisis jabatan yang tersedia sebagai kebutuhan pegawai, komposisi keahlian atau keterampilan pegawai agar  pendistribusian pegawai dapat mengacu pada kebutuhan nyata organisasi, dalam arti berdasarkan pada kebutuhan beban kerja organisasi,” ujarnya.

Sari menjelaskan bahwa setiap instansi pemerintah wajib menyusun kebutuhan jumlah dan jenis jabatan PNS berdasarkan analisa jabatan dan analisa beban kerja penyusunan kebutuhan jumlah PNS tersebut dilakukan untuk jangka waktu 5 tahun.

“Sebagai bahan informasi kondisi pegawai di Pemkot Cilegon saat ini yaitu 4.974 Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan rincian 833 jabatan struktural 2.740 jabatan fungsional tertentu 1.401 jabatan fungsional umum,” jelasnya.

Sari menambahkan Pemkot Cilegon tengah mengalami kekurangan jumlah pegawai untuk formasi jabatan staff pelaksana karena kondisi saat ini tengah  memasuki masa pensiunan.

“Pemerintah Kota Cilegon memerlukan kebutuhan pegawai karena sebentar lagi akan memasuki masa pensiun, saat ini jumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Cilegon berjumlah 4.974 ASN dan membutuhkan pegawai sebanyak 6.500 pegawai,” tuturnya.

Sari mengajak dan mengingatkan kepada seluruh PNS dilngkungan Pemkot Cilegon untuk terus bersyukur dengan cara meningkatkan kinerja kerja yang lebih baik.

“ Mari kita sama-sama mengaplikasikan rasa syukur dengan cara mengoptimalkan kinerja agar terus berinovasi didalam melaksanakan pekerjaan sesuai dengan harapan Pemkot dan masyarakat Kota Cilegon, sehingga pembangunan di Kota Cilegon bisa dirasakan oleh masyarakat Kota Cilegon,” ajaknya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pengadaan, Pemberhentian, Pembinaan Kesejahteraan, dan Administrasi pada BKPP Kota Cilegon, Lela Sulelah menjelaskan tujuan adanya sosialisasi ini untuk menyusun bezettina atau formasi kebutuhan pegawai Pemkot Cilegon 2018 tersusunnya bezetting dan formasi atau kebutuhan pegawai 2019 yang akurat.

“Berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan RB) No 05 tahun 2016 tentang jabatan pelaksana bagi aparatur sipil di lingkungan Instansi Pemerintah, adanya sosialisais ini bertujuan untuk kebutuhan formasi pegawai di lingkungan Pemkot Cilegon untuk mengisi kekosongan formasi yang dibutuhkan secara akurat,” jelasnya. (Man/Red)