Beranda Pemerintahan Pemkot Cilegon Klaim Komitmen Wujudkan 100 Smart City 

Pemkot Cilegon Klaim Komitmen Wujudkan 100 Smart City 

Walikota Cilegon Edi Ariadi dan Wakil Walikota Cilegon, Ati Marliati menandatangani gerakan menuju 100 Smart City

CILEGON – Pemkot Cilegon melalui Dinas Komunikasi Informatika Sandi dan Statistik (Diskominfo) menggelar rapat Bimbingan Teknis (Bimtek) tahap IV gerakan menuju 100 Smart City. Bimtek tersebut dilaksanakan di Aula Bappeda Kota Cilegon, Jumat (11/10/2019).

Bimtek kali ini merupakan tahapan akhir dari pendampingan gerakan menuju 100 Smart City bagi Kota Cilegon dengan tujuan akhir tersusunnya master plan Smart City Kota Cilegon.

Walikota Cilegon Edi Ariadi mengatakan, implementsi Smart City menjadi salah satu program prioritas Pemkot Cilegon yang telah tertuang di dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 4 tahun 2016 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Cilegon 2016-2021.

“Dalam peraturan Walikota Nomor 106 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik di lingkungan Pemkot Cilegon menunjukkan bahwa tingginya komitmen Pemkot Cilegon di dalam upaya mewujudkan tata kelola pemerintahan berbasis elektronik,” ujar Edi.

Edi mengungkapkan bahwa nilai indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Pemkot Cilegon sebagai tingger implementasi Smart City adalah 3,27 atau kategori baik.

“Alhamdulillah upaya kita mewujudkan SPBE telah membuahkan hasil, kita patut bersyukur dan berbangga karena dari 616 instansi yang dilakukan assessment SPBE, hanya 13 persen yang memiliki nilai dengan kategori baik, dan salah satunya adalah Pemkot Cilegon,” terangnya.

Pada Kesempatan ini, Edi menuturkan pihaknya memutuskan 3 Quick Wins yang menjadi tingger di dalam implentasi Cilegon Smart City, yaitu Gerakan Masyarakat Peduli Gizi Balita (Gempita) Beras Merah bersama CSR membangun generasi sehat yang merupakan unggulan inovasi dari UPT Puskesmas Citangkil Dinas Kesehatan, Senandungku (Selamat Datang Anandaku Tersayang, Akta kelahiran dan KIA untukmu, dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, dan yang terakhir yaitu Gempil ( Gerakan Masyarkat Peduli Lingkungan, yang merupkan program kampung iklim dari Dinas Lingkungan hidup.

“Quick Wins ini hanya sebagian kecil dari inovasi-inovasi yang telah diluncurkan Pemkot Cilegon. Saya patut berbangga dengan kerja keras seluruh OPD dalam menciptakan inovasi yang smart dan berorientasi pada kualitas pelayanan publik,” kata Edi.

Ke depannya, Edi ingin seluruh Kepala OPD dan Stakeholder untuk menindaklanjuti dan melakukan evaluasi terhadap program dan kegitan yang berkaitan dengan smart city.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan penandatanganan pernyataan komitmen bersama dalam mewujudkan Cilegon sebagai Kota cerdas menuju Smart City oleh Walikota Cilegon, Wakil Walikota Cilegon, Sekda Kota Cilegon, Asda I, II dan III Kota Cilegon, Kepala OPD, serta para Camat se-Kota Cilegon.

(Man/Red)