Beranda Pemerintahan Pemkot Cilegon Klaim Peduli Penyandang Disabilitas  

Pemkot Cilegon Klaim Peduli Penyandang Disabilitas  

Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon memperingati Hari Disabilitas Internasional tingkat Kota Cilegon 2019

CILEGON – Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon memperingati Hari Disabilitas Internasional tingkat Kota Cilegon 2019. Pelaksanaan kegiatan tersebut berlangsung di Halaman Rumah Dinas Walikota Cilegon, Kamis (12/12/2019). Dalam peringatan tersebut juga dilakukan penyerahan bantuan bagi penyandang disabilitas.

Walikota Cilegon Edi Ariadi mengatakan, acara ini diadakan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat Kota Cilegon terhadap anak berkebutuhan khusus agar termotivasi mengembangkan bakatnya.

“Kegiatan ini diharapkan mampu mengembangkan wawasan masyarakat akan persoalan-persoalan yang terjadi yang berkaitan dengan kehidupan para penyandang disabilitas dan memberikan dukungan untuk meningkatkn martabat, hak dan kesejahteraan para disabilitas,” kata Edi.

Edi menjelaskan bahwa jumlah penyandang disabilitas di Kota Cilegon dengan usia 17 tahun keatas pada saat ini berjumlah 496 orang, sedangkan usia 0-17 tahun berjumlah 550 orang.

“Saat ini pemerintah pusat dan pemerintah Provinsi Banten serta Pemkot Cilegon sangat konsisten terhadap program peningkatan akses dan mutu bagi sekolah khusus demi membantu anak-anak berkebutuhan husus untuk mendapatkan pendidikan yang layak sesuai dengan amanat undang-undang,” terangnya.

Kedepannya, Edi berharap peringatan Hari disabilitas tingkat Kota Cilegon dilaksanakan setiap tahunnya karena ini adalah salah satu bentuk kepedulian dan apresiasi Pemkot Cilegon terhadap para disabilitas di Kota Cilegon.

“Saya mengimbau agar pihak khususnya BUMN dan BUMD di lingkungan Pemkot Cilegon agar lebih meningkatkan kepedulian serta turut berkontribusi nyata terhadap para penyandang disabilitas di Kota Cilegon. Mari kita berikan rasa aman, nyaman serta kehidupan yang layak dan perhatian yang lebih besar kepada mereka bahkan kita berkewajiban untuk menyediakan fasilitas untus mendukung keberadaan para penyandang disabilitas,” ujarnya.

Sementra itu di tempat yang sama kepala Dinas Perberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Cilegon, Heni Anita Susila mengatakan tujuan peringatan Hari Disabilitas Internasional ini untuk meningkatkan kesadaran berbagai pihak terhadap ragam persoalan penyandang disabilitas dan sebagai bagian memperjuangkan tuntutan perlindungn dan pemenuhan hak-hak kaum disabilitas dan juga untuk memastikan seluruh anak disabilitas di Kota Cilegon bersuka cita, berbahagia dan aman.

“Kegiatan ini juga dimeriahkan dengan pentas seni dari siswa siswi Sekolah Kebutuhan Khusus (SKH) se-Kota Cilegon, pemberian anugerah kepada difabel berprestasi, bazzar, penandatanganan prasasti SKH Negeri 01 Kota Cilegon, dongeng inklusi ka Ihan, peresmian sekolah catur inklusi Cilegon, kemudian juga ada konsultasi gratis bagi tumbuh kembang anak dari dinas Kesehatan Kota Cilegon serta pemberian bansos sari Dinsos Kota Cilegon untuk 100 orang disabilitas,” ungkap Heni.

(Man/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini